Inovasi Baterai Jadi Tantangan Utama Pengembangan Kendaraan Listrik

Komponen baterai menjadi kendala utama dalam pengembangan industri kendaraan bermotor listrik. Ini jadi tantangan bagi periset.

 Mobil terbaru Hyuandai Stargazer yang dipamerkan di arena pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2022). (Antara/Muhammad Iqbal)

SOLOPOS.COM - Mobil terbaru Hyuandai Stargazer yang dipamerkan di arena pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2022). (Antara/Muhammad Iqbal)

Solopos.com, JAKARTA – Mobil listrik yang ramah lingkungan kini mulai menarik perhatian publik. Komponen baterai menjadi kendala utama dalam pengembangan industri kendaraan bermotor listrik. Ini jadi tantangan bagi periset.

Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang digelar pada 11-21 Agustus 2022 di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Serpong, Tangerang, Banten, mengusung tema The Future Is Bright dengan menjadikan kendaraan listrik sebagai salah satu fokus utama.

Harga baterai yang masih mahal dan power density menjadi tantangan bagi para periset dalam inovasi pengembangan mobil listrik. Power density adalah besaran energi yang bisa ditampung di baterai tersebut.

Espos Plus

Espos Plus Lainnya

+ PLUS Sedulur Tunggal Kecer, Cikal Persaudaraan Setia Hati PSHT dan PSHW

Sebelum bernama Setia Hati, pendiri aliran pencak silat Setia Hati, Ki Ngabehi Surodiwiryo menamai perkumpulannya sebagai Sedulur Tunggal Kecer.

+ PLUS Mengintip Kebijakan Pemerintah Norwegia yang Sukses Kembangkan Mobil Listrik

Keseriusan Norwegia untuk mengembangkan mobil listrik sudah dimulai sejak 1990-an lewat berbagai kebijakan. Kini, Norwegia bersiap menjadi negara pertama yang hanya akan menjual mobil listrik pada 2025.

+ PLUS Dusta Polisi Salahkan Hooligans, Belajar dari Tragedi Hillsborough

Tragedi Hillsborough yang merenggut nyawa 95 orang pada 15 April 1989 disebabkan karena kelalaian pihak kepolisian, namun sebelumnya kesalahan ditimpakan pada hooligans.

+ PLUS Kebutuhan Pokok ASN Solo: Sandang, Pangan dan 50% Papan

Sekitar 50% dari total aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Solo terdata belum memiliki rumah sendiri. Padahal, rumah merupakan kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi bagi manusia selain sandang dan pangan.

+ PLUS Hari Jadi TNI, Sejarah Pemisahan Dwifungsi ABRI Jadi Tentara dan Polisi

Sebelum terpisah menjadi dua, TNI dan Polri tergabung dalam satu institusi yakni Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau ABRI.

+ PLUS Winter Tech, Si Biang Kerok Startup Lakukan PHK Besar-Besaran

Winter tech atau masa stagnasi dalam kemajuan teknologi dianggap sebagai biang kerok banyaknya perusahaan startup yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara besar-besaran.

+ PLUS Menghalang Sengkala, Sukerta Gelar Ruwatan Murwakala

Masyarakat Jawa masih meyakini menggelar ruwatan murwakala dapat menghalang sengkala atau keburukan bagi seseorang yang bergelar sukerta.

+ PLUS Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

+ PLUS Lilin Sawit Pertegas Batik Laweyan Kian Ramah Lingkungan

Setelah mengganti jenis pewarna kimia dengan pewarna alami, para pengrajin batik Laweyan kini menggunakan lilin sawit sebagai pengganti cairan malam. Penggunaan lilin sawit itu pun membuat produk batik Laweyan semakin ramah lingkungan.

+ PLUS Pemuda Rusia Ramai-Ramai Kabur dari Wajib Militer Negara

Ribuan warga Rusia ramai-ramai kabur melintasi perbatasan untuk melarikan diri dari panggilan untuk berperang dalam perang Rusia di Ukraina.

+ PLUS Pasak Bumi dan Ramuan Obat Kuat Para Raja

Pasak bumi, purwaceng dan aneka empon-empon merupakan ramuan obat kuat yang biasa dipakai oleh masyarakat Jawa, terutama di kalangan para raja. Namun, penggunaan berlebihan ramuan obat kuat itu bisa saja berakibat fatal.

+ PLUS Mendorong Kedelai Lokal Naik Kelas

Guna mendorong petani menanam kedelai, pemerintah berjanji bakal membeli hasil panen yang tergolong tinggi. Jika sebelumnya harga jual kedelai dari pertani berkisar Rp6.000 hingga Rp7.000/kg, pemerintah bakal membeli kedelai dari petani seharga Rp10.000/kg.

+ PLUS Sejatinya Mataram is Love, Devide et Impera Pemecah Mataram

"Tidak ada lagi Mataram is red Mataram is blue, yang bener cuma Mataram cinta damai, Mataram Is Love," tulis Kaesang Pangarep dalam cuitannya di Twitter menyikapi tragedi kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan, Malang.

+ PLUS Temuan Situs Perbengkelan Purba di Dasar Waduk Gajah Mungkur

Sebuah penelitian pada 1980 menemukan situs perbengkelan purba yang kini sebagian telah tergenang bendungan serbaguna Wonogiri yang lebih dikenal dengan Waduk Gajah Mungkur.

+ PLUS Menanti Wajah Baru Gemolong

Wajah baru Gemolong layak dinanti. Selain akan berdiri factory sharing atau rumah produksi bersama mebel dan furnitur unggulan Sragen, di Gemolong juga bakal dibangun sebuah kampus Politeknik Pariwisata (Poltekpar) yang diyakini akan memberi multiplier effects di sektor ekonomi,

+ PLUS 44 Jembatan Penyeberangan Perahu di 600 Kilometer Sungai Bengawan Solo

Sebelum berdiri jembatan megah yang melintang di sepanjang hampir 600 kilometer Sungai Bengawan Solo di Pulau Jawa, masyarakat masa kuno menggunakan 44 perahu penyeberangan atau tambangan.

+ PLUS Akulturasi Budaya Arab dan China Lahirkan Kebaya, Lambang Emansipasi Wanita

Kebaya berasal dari bahasa Arab yakni kaba yang berarti pakaian dan diperkenalkan lewat bahasa Portugis ketika mereka mendarat di Asia Tenggara. Sementara versi lain mengatakan kebaya ada kaitannya dengan pakaian tunik perempuan pada masa Kekasiran Ming di China.

+ PLUS Garam Langka Jono dari Sumur Air Laut Selat Muria

Desa Jono, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan menghasilkan garam langka bersumber dari air sumur yang konon asin karena berasal dari air laut Selat Muria yang terperangkap.

+ PLUS Jejak Batik dari Zaman Majapahit hingga Dinobatkan sebagai Warisan Budaya Dunia

Pada Oktober 2009, batik dinobatkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Unesco. Jauh sebelum mendapat pengakuan internasional, tradisi membatik sudah jadi bagian dari budaya Kerajaan Majapahit.

+ PLUS Sebelum jadi Alat Pengendali Massa, Gas Air Mata Dipakai dalam Perang Dunia I

Dewasa ini gas air mata dipakai aparat untuk membubarkan massa yang berpotensi menimbulkan keributan seperti saat terjadi demonstrasi. Jauh sebelum itu, gas air mata pernah dipakai sebagai salah satu kelengkapan persenjataan dalam Perang Dunia I.