SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo memanen padi di Ponorogo, Jumat (6/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

Inovasi anak bangsa kali ini dihasilkan siswa-siswi sekolah kejuruan di Ponorogo. Mereka menciptakan sebuah mesin bernama Saga.

Madiupos.com, PONOROGO – Alat ini bernama Saga, sebuah mesin pemanen padi karya anak bangsa dari Ponorogo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ya, Saga adalah mesin yang beberapa hari lalu dikunjungi dan diuji coba langsung oleh Presiden Joko Widodo. Mesin tersebut adalah ciptaan siswa SMK PGRI 2 Ponorogo bekerja sama dengan PT Jogjakarta Inovasi Teknologi (JIT).

“Mesin tersebut sebagai satu persembahan bagi bangsa Indonesia,” ujar Syamhudi Arifin, Kepala SMK PGRI 2 Ponorogo saat ditemui Madiunpos.com, Sabtu (07/03/2015).

Menurut Syamhudi, mesin tersebut lahir sebagai penyaluran praktek kerja industri SMK PGRI 2 Ponorogo yang bekerjasama dengan PT JIT. Hasilnya tak sia-sia. Buktinya, Jumat (6/3/2015) lalu, mesin tersebut dicoba langsung oleh Presiden Jokowi untuk memanen padi dalam acara Panen Raya.

“Selama ini, karya siswa banyak yang tidak diarahkan pada teknologi tepat guna,” sambung Syamhudi.

Saga adalah karya anak bangsa yang harus terus dikembangan. Mesin ini menjadi salah satu upaya membantu dunia pertanian dalam mewujudkan swasembada pangan. Inilah momentum bagi bangsa untuk meningkatkan rasa cinta memakai produk dalam negeri. (Rio Wicaksono/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya