SOLOPOS.COM - Naoula, sutradara Innocence of Muslims (Foto: Dokumentasi)

Naoula, sutradara Innocence of Muslims (Foto: Dokumentasi)

Media massa internasional, Minggu (16/9/2012), membantah pemberitaan yang menyebut bahwa Nakoula Basseley Nakoula, sutradara film Innocence of Muslim, ditahan oleh kepolisian Amerika Serikat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah CNN, Reuters juga memberitakan bahwa sang sutradara itu tidak ditahan dan tidak diborgol. Nakoula pun datang dengan sukarela ke kantor polisi untuk diperiksa oleh agen federal. Meski begitu, sutradara itu masih belum akan kembali ke rumahnya.

CNN sebelumnya melansir hasil wawancara dengan Steve Whitmore dari Los Angeles County Sheriff’s Department. “Dia [Nakoula] sudah pergi dan ia bebas,” katanya seperti ditulis cnn.com. Nakoula mengenakan mantel, topi dan syal putih.

Pernyataan Whitmore itu membantah laporan bahwa polisi menahan dan memborgol Nakoula. Sebelumnya, Juru Bicara Pengadilan Karen Redmond, mengatakan bahwa pembebasan percobaan Nakoula tengah ditinjau ulang.

Dalam masa percobaan, Nakoula tidak dapat mengakses komputer atau perangkat yang dapat mengakses Internet tanpa persetujuan dari petugas pengawasnya. Sutradara itu baru bebas dari penjara pada Juni lalu. Bahkan, sutradara Innocence of Muslims itu yang tinggal di Southern California itu baru bebas dari penjara dengan masa percobaan karena kejahatan penipuan bank.

Pada 20120 Nakoula  didakwa atas penipuan uang dan pemalsuan rekening bank menggunakan nomor jaminan sosial yang dicuri. Dia dikenai hukuman penjara 21 bulan dan harus membayar  denda US$790.000. Nakoula juga pernah ditahan pada 1997 atas tuduhan memproduksi obat-obatan terlarang.

Sutradara itu awalnya disebut bernama Sam Bacile yang berdarah Yahudi. Namun belakangan dia diketahui adalah Nakoula, penganut Kristen Koptik Mesir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya