SOLOPOS.COM - Umat Islam di dekat Kakbah, Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. (Freepik)

Solopos.com, SRAGEN — Satu calon haji asal Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, meninggal di Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi. Kabar duka ini diterima Solopos.com dari Embarkasi Solo, Minggu (19/6/2022).

Calon haji yang meninggal berasal dari Kloter ke-15 yang berangkat pada Senin (13/6/2022) asal Kabupaten Sragen. Orang berusia 60 tahun itu meninggal akibat terkena serangan jantung atau Cardiovascular Desease.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rencananya, jenazah tidak dibawa pulang, melainkan dimakamkan di Tanah Suci. Pemakaman dilakukan di kompleks Pemakaman Uhud, Madinah, Arab Saudi.

Hingga hari ini, terdapat 7.745 calon haji dari Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, yang diberangkatkan ke Tanah Suci. Mereka dibagi dalam 22 kloter yang berasal dari kloter satu dan kloter kedua.

Berdasarkan data yang ada, total ada loma calon haji yang sakit dan mendapat perawatan di RS TNI AU. Sementara itu, jemaah calon haji yang sakit di Arab Saudi tercatat sebanyak enam orang, dua dirawat di Mekkah dan empat lainnya dirawat di Madinah.

Baca juga: Awas Jangan Kecele, Baca Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini

Gelombang 2

Gelombang kedua pemberangkatan calon haji akan dimulai dengan kloter 22 yang berasal dari Kota Semarang dan Kabupaten Sukoharjo. Pemberangkatan terakhir adalah kloter 43 pada 2 Juli 2022.

Untuk perbedaan gelombang pertama dan kedua terletak di lokasi kedatangan. Gelombang pertama akan tiba di Madinah menuju Mekkah, sedangkan gelmbang kedua akan tiba di Makkah menuju Madinah.

Tahun ini, 15.305 Jamaah Haji akan datang ke Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Perinciannya, kuota dari Jawa Tengah sebanyak 13.776 jamaah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 1.427 jamaah dan 172 petugas kloter jamaah haji. Dengan 39 kloter dari Jawa Tengah dan 4 kloter dari DIY.

Baca juga: Masa Tunggu Haji Jateng 30 Tahun, Pendaftar Terus Bertambah

Dikutip dari laman resmi Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), menyebut tahun 2022 atau 1443 H ada total 100.051 jamaah yang akan berangkat. Dengan rincian 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 haji khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya