SOLOPOS.COM - Ki Tomo Pandoyo (istimewa)

Solopos.com, KLATEN – Ki Tomo Pandoyo, 62, dalang asal Klaten meninggal dunia pada Minggu (20/6/2021). Ki Tomo dikenal sebagai sosok sesepuh para dalang Kabupaten Bersinar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dalang Klaten Ki Tomo meninggal dunia pada Minggu sekitar pukul 09.00 WIB. Jenazah Ki Tomo dimakamkan di kompleks permakaman di Desa Randulanang, Kecamatan Jatinom.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Truk Bermuatan Tebu Terguling di Tikungan Jumantono Karanganyar

Sekretaris Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Klaten, Kristian Apriyanta, membenarkan kabar duka tersebut. “Meninggal dunia bukan karena Covid-19. Rencana mau dimakamkan Minggu sore dengan prosesi diiringi gamelan. Ini menjadi adat kami,” kata Apriyanta saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Kristian mengatakan Ki Tomo menjadi panutan bagi para dalang di Kabupaten Klaten. Meski usianya tak lagi muda, Ki Tomo masih aktif dalam organisasi pedalanagan. Di Pepadi Klaten, Ki Tomo menjadi penasehat. Sementara di Dewan Kesenian Klaten, Ki Tomo dipercaya menjadi Dewan Pakar.

“Ki Tomo itu istilahnya nyepuhi teman-teman dalang di Klaten,” kata dia.

Ki Tomo selama ini juga aktif terlibat dalam regenerasi dalang di Klaten. Dia menyontohkan Ki Tomo beberapa kali pernah menjadi penguji dalam kompetensi kursus dalang. “Darah seni sebagai dalang menurun ke putranya bernama Ki Jalu Wibowo,” kata dia.

Baca Juga: Komunitas Jumputan Bantu Pelaku UMKM Magelang di Acara Pameran

Kristian menjelaskan dampak pandemi Covid-19 memukul berbagai sektor termasuk dunia seni dan budaya. Panggung wayang kulit macet total gegara pandemi. Di tengah kondisi itu, Ki Tomo selama ini kerap memompa semangat para dalang untuk tetap berkarya di tengah kondisi serba terbatas.

“Ketika dunia dalang mandek, Ki Tomo termasuk orang yang memacu semangat dalang agar bersama-sama nyenyuwun marang gusti supaya kondisi normal lagi. Hingga terselenggara kegiatan Umbul Dongo beberapa waktu lalu,” kata Kristian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya