SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan kereta api (Freepik).

Solopos.com, JAKARTA – Sebanyak 233 korban meninggal dunia akibat kecelakaan yang melibatkan dua kereta api di wilayah bagian timur India, Jumat (2/6/2023) waktu setempat. Sementara, 900 korban lainnya terluka.

Kecelakaan tragis itu terjadi di Distrik Balasore di Negara Bagian Odisha. Operasi penyelamatan besar-besaran sedang dilakukan hingga Sabtu (3/6/2023).

Promosi BRI Terbitkan Green Bond pada 2024 Senilai Rp2,5 Triliun

Sekretaris Kabinet Odisha Pradeep Jena mengonfirmasi angka korban terbaru. “Jumlah orang yang terluka sekitar 900,” tulisnya melalui Twitter.

Rekaman video di lokasi memperlihatkan sejumlah besar penyelamat terus membantu para penumpang yang terjebak di kereta pada Sabtu pagi. Dilansir dari Anadolu, juru bicara Kereta Api India Amitabh Sharma mengatakan sebuah kereta penumpang tergelincir dan gerbong-gerbongnya jatuh ke jalur yang berlawanan.

“Gerbong yang tergelincir menabrak kereta penumpang yang lain, beberapa gerbong pada kereta kedua kemudian terlempar keluar dari jalur,” katanya seperti dilansir Antara. Ia menambahkan bahwa sebuah kereta barang juga terkena dampak kecelakaan tersebut.

Otoritas Kereta Api India juga mengumumkan kompensasi untuk para korban. Kereta Api Tenggara India mengumumkan pembatalan dan pengalihan beberapa kereta.

Departemen Informasi dan Hubungan Masyarakat negara bagian tersebut mengatakan Kepala Menteri Odisha Naveen Patnaik memerintahkan masa berkabung satu hari terkait kecelakaan kereta api paling mematikan di wilayah itu.

Menteri Perkeretaapian Ashwini Vaishnaw menulis di Twitter bahwa tim-tim penyelamat dari Bhubaneswar, Kolkata, Pasukan Tanggap Bencana Nasional (NDRF), dan angkatan udara telah dikerahkan.

Perdana Menteri India Narendra Modi juga menulis di media sosial tersebut, “Berduka atas kecelakaan kereta api di Odisha. Saya ikut berduka cita dengan keluarga para korban. Semoga mereka yang terluka segera pulih.”

India telah mengalami kecelakaan kereta api yang parah. Pada 2016, lebih dari 140 penumpang meninggal dunia setelah sebuah kereta tergelincir di Negara Bagian Uttar Pradesh di India utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya