Innalilahi! 10 Bulan, 150 Orang di Cilacap Tewas, Ini Pemicunya

Sebanyak 150 orang meninggal dunia di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) dalam kurun waktu 10 bulan, Januari-Oktober 2021 akibat kecelakaan lalu lintas.

 Ilustrasi korban kecelakaan. (active.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi korban kecelakaan. (active.com)

Solopos.com, CILACAP – Sebanyak 150 orang di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi dalam kurun waktu 10 bulan, yakni sejak Januari-Oktober 2021. Berdasarkan catatan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cilacap, kasus kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Cilacap hingga Oktober 2021 mencapai 746 kejadian.

Dari 746 kasus atau peristiwa kecelakaan itu, 925 orang mengalami luka ringan, satu orang mengalami luka berat, dan 150 orang meninggal dunia. Sedangkan total kerugian materiel yang disebabkan ditaksir mencapai Rp641 juta.

Kepala Satlantas Polres Cilacap, AKP Ris Andrian Yudo Nugroho, mengatakan ada beberapa faktor yang menjadikan penyebab kecelakaan lalu lintas di wilayahnya. Salah satu faktor itu adalah kesalahan manusia atau human error. Selain human error, kecelakaan juga dipicu faktor kendaraan dan alam.

Baca juga: Banjir Terjang 70 Rumah di Cilacap, 50 Warga Mengungsi

“Orang [human error] faktor yang diakibatkan kelalaian pengemudi atau pengendara seperti mengantuk, pengaruh obat terlarang, melanggar lalu lintas dan lain-lain,” ujar Yudo, dikutip dari Murianews.com, Jumat (26/11/2021).

Adapun faktor lain seperti kendaraan yang diakibatkan karena tidak terkendalinya kendaraan oleh gangguan teknis, kelebihan muatan (ODOL), kendaraan tidak layak jalan, serta lain-lain.

Sedangkan untuk faktor alam yang menjadi pemicu kecelakaan antara lain cuaca dan alam seperti banjir dan longsor.

Satlantas Polres Cilacap saat ini juga telah memetakan beberapa jalur yang rawan [blackspot] di Cilacap. Ruas jalan di Cilacap yang rawan kecelakaan itu yakni Jalan Raya Wanareja Adimulya, Jalan Raya Kalisabuk Kesugihan, SMPN 3 Tugu Lilin Gumilir di Cilacap Utara.

Baca juga: Operasi Zebra Candi, 309 Kecelakaan di Jateng, Terbanyak di Daerah Ini

Kemudian Jalan Urip Sumoharjo di sekitar Pasar Pelem Gading Cilacap Utara, Jalan Raya Kawunganten, Jalan Raya Cilopadang Cimanggu dan Jalan Mataram Pekuncen Kroya.

Kasatlantas Polres Cilacap juga mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan senantiasa meningkatkan kewaspadaan saat berkendara. Ia berharap Satlantas bersama stakeholder mampu bekerja sama untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di Cilacap.

Berita Terkait

Espos Plus

Rehabilitasi Pencandu Narkoba Lebih Efektif Secara Sukarela

+ PLUS Rehabilitasi Pencandu Narkoba Lebih Efektif Secara Sukarela

Kesukaleraan menjalani rehabilitasi lebih efektif mengentaskan pencandu narkoba. Pendekatan hukum acap kali membuat pengguna narkoba tiarap dan enggan melaporkan diri ke institusi penerima wajib lapor.

Berita Terkini

Wow, Tangkapan Ikan Hiu di Cilacap Capai 90 Ton

Jumlah tangkapan ikan hiu oleh nelayan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mencapai 90 ton.

Waspada! Omicron Sudah Masuk Jateng, 9 Orang Terpapar

Covid-19 varian Omicron telah terdeteksi menyebar di wilayah Jawa Tengah (Jateng), di mana 9 orang telah terpapar.

Ramalan Sabdo Palon Ini Terbukti Benar, Simak Kisahnya

Inilah deretan ramalan Sabdo Palon yang konon telah terbukti terjadi di Indonesia.

Murah, Biaya Hidup di Jawa Tengah Cuma Rp1 Jutaan?

Biaya hidup di Jawa Tengah yang diklaim sebagai salah satu yang termurah di Indonesia ternyata berkisar antara Rp1 jutaan.

Diklaim Termurah, Berapa Biaya Hidup di Jawa Tengah?

Inilah besaran biaya hidup di Jawa Tengah yang diklaim termurah se-Indonesia.

Biaya Hidup di Jawa Tengah Paling Murah Se-Indonesia?

Biaya hidup di Jawa Tengah diklaim menjadi salah satu yang terendah di Indonesia.

Ojo Sambat! Ini Cara Laporkan Jalan Rusak di Jateng Via Jalan Cantik

Begini mekanisme menyampaikan pengaduan tentang kondisi jalan rusak di Jawa tengah melalui aplikasi Jalan Cantik.

Soal Jalan Rusak di Jateng, Ganjar: Jangan Sampai Rakyat Celaka!

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta masyarakat pro-aktif melaporkan kondisi jalan rusak agar tidak menimbulkan korban.

Ada Jalan Rusak di Jawa Tengah, Segera Lapor Via Aplikasi Jalan Cantik

Warga Jawa Tengah dapat melaporkan langsung kondisi jalan maupun jembatan yang rusak kepada pihak terkait melalui aplikasi Jalan Cantik.

Pemprov Jateng: Tol Yogyakarta-Bawen Berefek Positif ke Candi Borobudur

Pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen disebut-sebut akan turut menunjang pariwisata di kawasan Candi Borobudur.

BNPB: Banjir di Pekalongan Berangsur Surut

BPBD Kabupaten Pekalongan melalui BNPB menginformasikan kondisi banjir yang melanda wilayah tersebut sejak Rabu (19/1/2022) sore.

Umbul Senjoyo Salatiga, Situs Peninggalan Pajang di Lereng Merapi

Umbul Senjaoyo di Kota Salatiga ini disebut-sebut sebagai situ peninggalan Kerajaan Pajang yang berada di kawasan timur lereng Gunung Merapi.

Banjir Landa Kota Pekalongan, Ratusan Warga Mengungsi

Hujan deras yang mengguyur Kota Pekalongan sejak Rabu (19/1/2022) sore hingga Kamis (20/1/2022) dini hari membuat sejumlah wilayah tergenang air atau dilanda banjir.

Diguyur Hujan, Kudus Dilanda Banjir & Longsor

Sekitar 200 unit rumah warga di Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah teredam banjir akibat curah hujan tinggi.

Wanita Boyolali Ngaku Diperkosa, Polda: Pelaku Bukan Polisi

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy, membantah pelaku yang diduga memperkosa wanita asal Simo, Boyolali, adalah anggota polisi.