Innalilahi! 10 Bulan, 150 Orang di Cilacap Tewas, Ini Pemicunya

Sebanyak 150 orang meninggal dunia di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) dalam kurun waktu 10 bulan, Januari-Oktober 2021 akibat kecelakaan lalu lintas.

 Ilustrasi korban kecelakaan. (active.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi korban kecelakaan. (active.com)

Solopos.com, CILACAP – Sebanyak 150 orang di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi dalam kurun waktu 10 bulan, yakni sejak Januari-Oktober 2021. Berdasarkan catatan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cilacap, kasus kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Cilacap hingga Oktober 2021 mencapai 746 kejadian.

Dari 746 kasus atau peristiwa kecelakaan itu, 925 orang mengalami luka ringan, satu orang mengalami luka berat, dan 150 orang meninggal dunia. Sedangkan total kerugian materiel yang disebabkan ditaksir mencapai Rp641 juta.

PromosiGalaksi Tanpa Materi Gelap Bikin Bingung Astronom

Kepala Satlantas Polres Cilacap, AKP Ris Andrian Yudo Nugroho, mengatakan ada beberapa faktor yang menjadikan penyebab kecelakaan lalu lintas di wilayahnya. Salah satu faktor itu adalah kesalahan manusia atau human error. Selain human error, kecelakaan juga dipicu faktor kendaraan dan alam.

Baca juga: Banjir Terjang 70 Rumah di Cilacap, 50 Warga Mengungsi

“Orang [human error] faktor yang diakibatkan kelalaian pengemudi atau pengendara seperti mengantuk, pengaruh obat terlarang, melanggar lalu lintas dan lain-lain,” ujar Yudo, dikutip dari Murianews.com, Jumat (26/11/2021).

Adapun faktor lain seperti kendaraan yang diakibatkan karena tidak terkendalinya kendaraan oleh gangguan teknis, kelebihan muatan (ODOL), kendaraan tidak layak jalan, serta lain-lain.

Sedangkan untuk faktor alam yang menjadi pemicu kecelakaan antara lain cuaca dan alam seperti banjir dan longsor.

Satlantas Polres Cilacap saat ini juga telah memetakan beberapa jalur yang rawan [blackspot] di Cilacap. Ruas jalan di Cilacap yang rawan kecelakaan itu yakni Jalan Raya Wanareja Adimulya, Jalan Raya Kalisabuk Kesugihan, SMPN 3 Tugu Lilin Gumilir di Cilacap Utara.

Baca juga: Operasi Zebra Candi, 309 Kecelakaan di Jateng, Terbanyak di Daerah Ini

Kemudian Jalan Urip Sumoharjo di sekitar Pasar Pelem Gading Cilacap Utara, Jalan Raya Kawunganten, Jalan Raya Cilopadang Cimanggu dan Jalan Mataram Pekuncen Kroya.

Kasatlantas Polres Cilacap juga mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan senantiasa meningkatkan kewaspadaan saat berkendara. Ia berharap Satlantas bersama stakeholder mampu bekerja sama untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di Cilacap.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

10 Prajurit TNI Membantu Local Strongman Mengelola Kerangkeng Manusia

+ PLUS 10 Prajurit TNI Membantu Local Strongman Mengelola Kerangkeng Manusia

Sepuluh orang prajurit TNI ditetapkan menjadi tersangka kasus penganiayaan dan penyiksaan penghuni kerangkeng manusia di rumah Bupai Langkat nonaktif, Provinsi Sumatra Utara, Terbit Rencana Peranginangin.

Berita Terkini

Penilap Bansos di Ngaringan Apakah Bisa Dipecat? Ini Jawaban Bupati

Kasus ASN di Kantor Kecamatan Ngaringan yang menilap bansos warga yang meninggal dunia sudah ditangani Polres Grobogan.

Tanggul di Semarang Jebol, PLN Respons Cepat Amankan Jaringan Listrik

PLN terpaksa harus mengamankan sebanyak 408 gardu distribusi yang menyalurkan listrik ke sebanyak 35.000 pelanggan.

Banjir Rob di Semarang, PLN Lakukan Pemadaman Listrik

Banjir rob yang melanda Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), akibat jebolnya tanggul laut direspons PLN dengan melakukan pemadaman listrik di wilayah yang terdampak.

Banjir Rob Landa 4 Daerah di Jateng, Ganjar: Siapkan Posko Darurat!

Sejumlah daerah di kawasan pesisir utara Jawa Tengah atau Jateng dilanda banjir rob pada Senin (23/5/2022).

Kejaksaan dan Kepolisian Ikut Awasi Pelaksanaan Proyek di Grobogan

Kejaksaan Negeri Grobogan dan Polres Grobogan dilibatkan dalam proses pengawasan pelaksanaan pekerjaan konstruksi, barang dan jasa di Kabupaten Grobogan.

Banjir Rob Terjang Rumah Warga di Semarang Gegara Tanggul Jebol

Banjir rob melanda kawasan pesisir Kota Semarang, tepatnya daerah dekat Pelabuhan Tanjung Emas, akibat jebolnya tanggul penahan air.

Begini Curhatan Warga Semarang Jadi Langganan Banjir Rob

Banjir rob sudah menjadi peristiwa yang jamak bagi warga Kampung Tambakrejo, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Banjir Rob Genangi Pesisir Pati, Tanggul Laut Jebol

Sejumlah desa di pesisir Kabupaten Pati, Jawa Tengah, digenangi banjir rob.

Hangus Terbakar, Jembatan Juwana Pati Segera Dibongkar

Jembatan Juwana di Kabupaten Pati, Jawa Tengah diusulkan segera dibongkar.

46 Hektare Mangrove Terancam Tol Semarang-Demak, Relokasi Bukan Solusi

Hutan mangrove atau bakau seluas 46 hektare terancam oleh pembangunan tol Semarang-Demak. Langkah merelokasi hutan mangrove itu bukan solusi.

Banjir Rob Setinggi 2 Meter Terjang Kota Semarang

Peristiwa banjir rob dengan ketinggian lebih dari 2 meter melanda daerah pesisir di Kota Semarang, Senin (23/5/2022).

Diklaim Punah, Ini Cerita Kemunculan Harimau Jawa di Sejumlah Tempat

Harimau Jawa diklaim telah punah sejak 1980-an, meski demikian cerita tentang kemunculan binatang ini masih sering terdengar hingga sekarang.

Ratusan Jiwa di Jawa Tengah Dipasung Karena Alasan Malu dan Aib

Sepanjang 2021, jumlah warga di Jawa Tengah yang hidup terkungkung dan dipasung karena mengalami gangguan jiwa mencapai 390 orang, oleh keluarganya sendiri dengan alasan malu atau aib keluarga dan tidak dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD).

Disebut dapat Restu Jokowi di Rakernas Projo, Ini Reaksi Ganjar

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menampik pernyataan Presiden Jokowi terkait capres yang akan diusung pada Pilpres 2024 saat Rakernas Projo ditujukan kepadanya.

Harimau Muncul di Banjarnegara, BKSDA Jateng Kerahkan 2 Tim

Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Jateng menerjunkan dua tim guna menyelidiki kebenaran informasi kemunculan harimau di Banjarnegara.