SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Sebanyak 24 kereta atau empat trainset Light Rail Transit (LRT) Jabodebek pesanan PT KAI sudah siap dikirim. Kereta otomatis tanpa masinis itu rencananya akan dikirim ke Jabodebek pada April 2019 mendatang.

Hal itu diungkapkan Project Manager LRT PT Inka, Panji Sulaksono, di kantor PT Inka, Selasa (15/1/2019). Menurut dia, PT KAI telah memesan LRT pada awal 2018 sebanyak 31 trainset atau sebanyak 186 kereta. Saat ini progres secara keseluruhan mencapai 15% atau sudah rampung 48 kereta.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Namun, kereta yang sudah selesai penuh baru empat trainset atau 24 kereta. Empat trainset ini seluruh komponennya mulai dari interior, komponen listrik, dan komponen pengereman rampung digarap.  Selain itu, empat trainset juga sudah menjalani uji statik dan tes dasar.

Meski progres pekerjaan baru di angka 15%, Panji Sulaksono mengaku pembuatan kereta LRT tanpa masinis masih sesuai jadwal. “Target selesai 2019 akhir. LRT Jabodebek ini satu trainset terdiri dari enam kereta, kalau LRT Palembang terdiri dari tiga kereta,” terang dia.

Mengenai teknologi tanpa masinis di LRT Jabodebek, jelas Panji, fungsi tanpa masinis tidak bisa dimanfaatkan secara langsung karena harus didukung dengan integrasi persinyalan.

“Untuk tingkat komponen dalam negeri (TKDN) pembuatan LRT Jabodebek ini mencapai 60%. Lebih banyak konten lokal,” terang dia.

Panji Sulaksono menyampaikan LRT Jabodebek ini siap dikirim, namun pihaknya  melihat kesiapan stasiun di Jakarta. Apalagi musim penghujan seperti sekarang ini. Sehingga kalau belum siap, pengiriman akan ditunda. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya