Inka Jajaki Kerja Sama Pengembangan Transportasi Listrik di Tubaba
Logo PT Inka (alumni.unsoed.ac.id)

Solopos.com, MADIUN — PT Industri Kereta Api (Inka) melakukan kerja sama dengan dua pihak sekaligus yakni Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Institut Teknologi Sumatera (Itera) secara virtual, Kamis (11/2/2021). Kerja sama ini untuk pengembangan moda transportasi berbasis listrik.

Dengan adanya kerja sama ini, pemerintah daerah yang tertarik untuk pengembangan moda transportasu berbasis listrik buatan Inka pun bertambah. Sebelumnya, Inka telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait pengembangan moda transportasi listrik ini dengan Pemerintah Provinsi Bali dan Kota Batu.

Direktur Utara PT Inka (Persero), Budi Noviantoro, mengatakan MoU dengan Pemkab Tulang Bawang Barat dan Itera ini merupakan bentuk kerja sama ketiga. Sebelumnya, Inka telah menandatangani MoU dengan Pemkot Batu dan Pemprov Bali terkait pengembangan sistem transportasi pariwisata berbasis listrik, seperti bus listrik, trem baterai, dan cable coach.

Baca jugaIni Kelebihan Kereta Isolasi Pasien Covid-19 Buatan Inka, Punya Sirkulasi Udara Khusus Menahan Virus

Dia menyebut kerja sama dengan Pemkab Tulang bawang Barat ini untuk mengembangkan moda transportasi berbasis listrik. Namun, moda transportasi tidak terbatas pada trem listrik, bus listrik, micro bus, dan perahu listrik.

“Di Tulang Bawang Barat nanti rencananya akan ada kapal-kapal untuk transportasi seperti angkutan sungai. Nanti Inka bisa membantu mensuplai penggeraknya yang akan kita kembangkan,” kata Budi dalam keterangan tertulis.

Baca jugaWarga Jumantono Nekat Ingin Gelar Hajatan 3 Hari 2 Malam, Catut Nama Bupati Karanganyar

Bupati Tulang Bawang Barat, Umar Ahmad, berharap PT Inka dan Itera akan menemani perjalanan Tulang Bawang Barat dalam menunju masa depannya.

“Tubaba tidak sekadar singkatan dair Tulang Bawang Barat, tetapi juga menjadi Tubaba sebagaimana yang kami cita-cita kan. Sekali lagi, kami sangat bersyukur. Semoga Itera dan Inka bisa menemani perjalanan Tubaba,” kata dia.

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom