SOLOPOS.COM - Launching Rumah Singgah Pasien yang digagas Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) di Semarang. (izi.or.id)

Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) menggagas rumah singgah bagi pasien luar kota di Kota Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG — Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) menggagas pembangunan rumah singgah untuk pasien asal luar kota yang harus menjalani pengobatan di Kota Semarang. Lokasi Rumah Singgah Pasien di Jl. Pamularsih XI/13, RT 006/RW 008, Kelurahan Bojongsalaman, Semarang Barat, Kota Semarang itu resmi diluncurkan Jumat (19/8/2016) lalu.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Direktur Pendayagunaan IZI Nana Sudiana seusai peluncuran Rumah Singgah Pasien IZI di Bojongsalaman, Semarang, mengingatkan bahwa kesehatan merupakan hak asasi setiap manusia. Rumah singgah itu didirikan untuk memfasilitasi pasien dari warga miskin yang harus menjalani pengobatan di ibu kota Jawa Tengah karena keterbatasan fasilitas di daerah.

Nana menjelaskan terkadang keterbatasan fasilitas kesehatan di daerah itu mengharuskan pasien dirujuk ke rumah sakit (RS) yang ada di kota, termasuk Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi Semarang. “Mungkin bagi masyarakat yang mampu, ini tidak menimbulkan masalah. Akan tetapi, bagaimana dengan masyarakat yang kurang mampu? Di mana mereka harus tinggal selama menjalani pengobatan?,” katanya.

Didasari keprihatinan atas kondisi itu dan sebagai upaya membantu masyarakat miskin, lanjut dia, IZI berinisiatif mendirikan rumah singgah untuk tempat transit bagi pasien dari luar kota. Ia mencontohkan pasien yang menjalani terapi untuk pengobatan penyakit kanker yang mengharuskannya tinggal cukup lama untuk berobat, daripada harus bolak-balik dari daerahnya yang jauh.

“Rumah singgah ini akan memudahkan pasien-pasien dari luar kota yang memerlukan tempat transit yang baik dan berkualitas selama menjalani terapi pengobatan kanker, dan sebagainya,” katanya.

Selain Semarang, kata Nana, rumah singgah pasien saat ini sudah ada di sekitar Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, dan rencananya dibangun di 18 titik di berbagai kota.

Sementara itu, Kepala Cabang IZI Jawa Tengah Djoko Adhi Saputro mengatakan lokasi rumah singgah pasien itu sengaja dipilih di kawasan Bojongsalaman karena relatif dekat dengan RSUP dr Kariadi Semarang. “Semoga keberadaan rumah singgah pasien ini bisa memberikan manfaat untuk masyarakat duafa yang sedang berikhtiar untuk memperoleh kesembuhan. Ada tiga kamar di rumah singgah pasien ini,” katanya.

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi pasien, antara lain penyakit tidak menular, berasal dari luar kota, dan terfasilitasi BJPS kelas III, dan mendapatkan rekomendasi RSUP dr Kariadi Semarang. “Bagi yang ingin berdonasi atau menjadi sukarelawan rumah singgah pasien, bisa menghubungi call center IZI Jateng di nomor 081329910001 atau ke kantor di Jl. Setiabudi No. 70 Semarang,” katanya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya