SOLOPOS.COM - Lydia Nsekera/AFP

 

Lydia Nsekera/AFP

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

BUJUMBURA-Perempuan asal Burundi, Lydia Nsekera, menuliskan namanya di buku sejarah setelah menjadi perempuan pertama yang terpilih menjadi anggota Komite Eksekutif FIFA, akhir pekan lalu.
Perempuan berusia 45 tahun ini merupakan satu-satunya perempuan yang mengetuai federasi nasional berkat perannya sebagai presiden Federasi Sepak Bola Burundi (FFB).
Dia telah menjadi anggota Komite FIFA untuk sepak bola putri, Piala Dunia putri, dan komite penyelenggara turnamen sepak bola Olimpiade. Penunjukan terakhirnya ini hanya sebuah langkah maju selanjutnya dari karir Nsekera yang mencengangkan.
Kebangkitan Nsekera untuk meraih posisi elit sangat patut dikenang. Dia memasuki dunia sepak bola setelah ditinggal mati oleh suaminya pada 2003.
Kini ia berharap dapat menginspirasi perempuan lain untuk ambil bagian dalam administrasi sepak bola.
Teman-temannya mengatakan bahwa kesuksesan Nsekera didapat berkat keberanian, keuletan, dan kecerdasannya. Sementara, para penghujatnya di sepak bola Burundi membicarakannya sebagai perempuan yang otoriter dan kasar.
“Rahasia kesuksesanku sederhana,” kata Nsekera kepada AFP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya