SOLOPOS.COM - Suasana Waduk Seloromo Pati di pagi hari. (Istimewa/Instagram @wadukseloromo.idn)

Solopos.com, PATI — Saat berlibur ke Kabupaten Pati, Jawa Tengah sangat disayangkan jika Anda melewatkan destinasi wisata yang satu ini, yakni Waduk Seloromo. Destinasi wisata di sini cocok bagi Anda yang suka fotografi karena menyuguhkanmu panorama indah dan menakjubkan untuk objek fotomu.

Waduk Seloromo terletak di Desa Selorejo, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Guna menuju ke destinasi wisata ini, bisa ditempuh dengan jarak kurang lebih 10 km dari pusat kota.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Secara geografis, Waduk Seloromo berada di sebelah timur lereng Gunung Muria dan termasuk dekat dengan Waduk Gunung Rowo. Rute airnya saling menyambung sehingga Waduk Gunung Rowo dari Desa Sitiluhur menjadi salah satu penyuplai air menuju Waduk Seloromo.

Melansir dari laman resmi Tourism Information Center Kabupaten Pati, Waduk Seloromo dibangun sejak masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1930-1933. Namun, sampai saat ini waduk tersebut masih bisa digunakan membantu kegiatan pertanian masyarakat setempat, misalnya pengairan lahan dan budi daya air tawar.

Meski fungsi awalnya dibangun murni untuk pengairan, Waduk Seloromo kini berkembang menjadi salah satu tempat wisata di Pati yang menarik dikunjungi. Anda akan disuguhkan keindahan dengan suasana mendamaikan.

Suasana alam yang menyegarkan digambarkan oleh pemandangan dari air dalam waduk dan Gunung Muria di bagian baratnya serta dipenuhi dengan hutan-hutan lebat di bawahnya. Perpaduan antara gunung, hutan, waduk, air, dan padang rumput yang hijau menjadikan danau ini sangat memukau mata bagi siapa pun yang mampir ke sini.

Di samping berburu foto, di sini Anda juga bisa mencoba beberapa aktivitas yang cocok untuk menikmati waktu santai bersama teman ataupun keluarga. Misalnya, Anda bisa melakukan acara camping dan barbeque-an di pinggir waduk. Didukung dengan pemandangan yang menarik ditambah suasana yang tenang akan membuat acaramu lebih seru.

Selain spot foto yang menarik, berbagai fasilitas didalamnya juga cukup memadai. Bagi Anda yang ke sini membawa kendaraan, tak perlu khawatir soal tempat parkir karena di sini disediakan tempat parkir yang cukup luas. Adapun fasilitas lainnya, yaitu seperti warung, toilet, dan area camping juga disediakan.

Waduk ini dibuka 24 jam sehingga Anda bisa menikmati suasana alam Seloromo ini sepuasnya. Jika Anda ingin menikmati momen matahari terbit dan tenggelam, Anda bisa datang di pagi atau sore hari untuk menyesuaikan waktu yang tepat melihat momen tersebut.

Jadi, bagi Anda yang ingin melakukan camping atau sekadar ingin menghabiskan waktu santai akhir pekan tak perlu bingung lagi mencari tempat yang jauh. Di waduk Seloromo ini Anda bisa menghabiskan waktu santaimu sembari menikmati pemandangan yang menyejukkan dan menenangkan pikiran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya