SOLOPOS.COM - Android TV Google (theverge.com)

Solopos.com, SOLO – Google siap luncurkan produk TV pintar berbasis Android. Google TV ini dikatakan bukan merupakan platform komputasi, sehingga tidak pas jika belakangan media mengungkap ini sebagai Android TV.

The Verge, Sabtu (5/4/2014), meski begitu Google tetap mengijinkan jika media menggunakan istilah Android TV. Ide awal Android TV adalah untuk memberikan pengguna sebuah perangkat yang sederhana untuk mengakses konten hiburan dan aplikasi ringan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ciri khas dari Android TV adalah adalah sistem rekomendasi yang akan menyarankan konten ke pengguna segera setelah mereka menghidupkan perangkat.

Laporan dari The Verge menunjukan bahwa tidak ada rincian tentang tanggal peluncuran. Tetapi bocoran dari dokumen itu adalah bahwa Google saat ini sedang merekrut pengembang untuk membangun aplikasi untuk Android TV. Hasil jadi dari Android TV ini tidak mempengaruhi Google Chromecast lain.

Android TV tidak lagi berupaya untuk mengubah televisi menjadi sebuah smartphone namun lebih sebagai antarmuka untuk hiburan, bukan platform komputasi. Semuanya lebih kepada menemukan dan menikmati konten tanpa gangguan yang menyenangkan, mulus, dan cepat. Secara umum nantinya Android TV lebih akan terlihat dan terasa seperti Apple TV, Amazon Fire TV, atau Roku.

Teknoup, Sabtu (5/4/2014), fitur pencarian akan menjadi alat utama di Android TV. Pengguna didesain hanya perlu maksimal tiga langkah pengoperasian sebelum menikmati konten yang diinginkan. Google juga akan secara proaktif memberikan rekomendasi konten yang cocok termasuk opsi meneruskan menonton konten di TV sesuai apa yang sedang ditonton di smartphone atau tablet Android pengguna.

Beberapa developer yang sedang didekati Google di antaranya adalah Play Movies, Youtube, Hangout (dari internal Google), ditambah dari Vevo, Netflix, Hulu, Pandora, dan pengembang game.

Google menulis bahwa Android TV adalah Android yang dioptimasi untuk konsumsi di runag keluarga tanpa embel-embel yang kompleks. Berbagai fitur non-esensial dihapuskan seperti fungsi telefoni, kamera, dukungan layar sentuh, serta NFC. Dengan demikian pengembang akan berfokus pada konten yang dimilikinya.

Pihak Google sendiri enggan berkomentar atas temuan dokumen oleh The Verge ini. Sampai saat ini juga belum diketahui kapan rencana rilis Android TV ini akan dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya