SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com) — Melihat empat target teror bom buku yang terjadi pekan ini, menunjukkan pelaku teror tampaknya ingin memberikan peringatan terhadap para penyuara perdamaian dan memiliki keterkaitan dengan Amerika Serikat.

Beberapa tokoh yang termasuk kategori penyuara perdamaian di Indonesia bisa jadi menjadi target teror bom buku berikutnya. Tokoh-tokoh yang selama ini kerap menyuarakan perdamaian adalah Ketua SETARA Institute Hendardi, Direktur Wahid The Institute Yenny Wahid dan pendiri TEMPO Goenawan Mohamad.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti diketahui, Hendardi melalui SETARA Institute kerap bersuara keras menolak aksi kekerasan terhadap Ahmadiyah. Hendardi pernah mengatakan saat ini posisi Pancasila sebagai ideologi negara semakin terancam oleh syariat Islam.

Sementara Yenny Wahid, melalui The Wahid Institute membangun pemikiran Islam moderat, yang mendorong terciptanya demokrasi, pluralisme agama-agama, multikulturalisme dan toleransi di kalangan kaum Muslim di Indonesia dan seluruh dunia.

Adapun Goenawan Mohamad, adalah seorang intelektual yang punya wawasan yang begitu luas dan out of the box. Bahkan pandangannya dianggap beberapa pihak sangat liberal dan terbuka.

“Ketiganya berpotensi menjadi sasaran teror bom karena sepak terjangnya sebagai agen perdamaian di Indonesia,” ujar Koordinator Indonesian Crime Analyst Forum (ICAF) Mustofa Nahrawardaya, Jumat (18/3/2011).

Seperti diberitakan, Selasa (15/3/2011), teror bom kembali terjadi di Jakarta. Paket bom berbentuk buku dikirimkan kepada aktivis Jaringan Islam Liberal (JIL) Ulil Abshar Abdalla, Ketua BNN Komjen Pol Gories Mere, Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto S Soejosoemarno. Dan juga Band Dewa Ahmad Dhani.

(Inilah.com/try)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya