SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


JOGJA-Banyak hal yang ditemui seorang pegawai atau karyawan di kantor, salahsatunya rekan kerja yang suka menjatuhkan di depan pimpinan.

Membalasnya dengan menjatuhkan rekan kerja yang suka mencari muka atau penjilat bukanlah solusi yang tepat. Karena itu, sebaiknya jangan gegabah dalam menghadapinya. Kasus ini tentu bisa terjadi dimana saja termasuk di lingkungan kerja anda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut beberapa tips dari Akademisi dan Praktisi Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Sriningsih menghadapi rekan kerja yang suka menjatuhkan diri kita atau orang lain terutama di depan pimpinan :

1. Tunjukkan profesionalitas kerja.

Seseorang yang dijatuhkan seringkali merasa tertekan dan bisa menimbulkan down secara psikologi atau kinerja berkurang karena memikirkan hal tersebut, apalagi pelakunya adalah rekan kerja. Meski demikian profesionalitas kerja harus selalu ditunjukkan.

Jika memang orang yang menjatuhkan anda berusaha mencari kelemahan atau kekurangan maka sebaiknya juga tetap menunjukkan profesionalitas dalam bekerja. Bahkan, kalau bisa ditingkatkan kemampuannya sebagai bentuk tanggungjawab pada perusahaan.

Hal ini dilakukan bukan semata mencari perhatian pimpinan yang sebelumnya dilapori miring soal diri anda.

2. Menahan emosi atau tak perlu menanggapi dan sebaiknya diabaikan saja.

Menanggapi seorang yang berusaha menjatuhkan tentu tidak akan ada habisnya. Jika gagal dengan langkah satu pelaku akan menggunakan cara yang lain. Menanggapi bukanlah cara yang tepat karena akan memperlebar masalah dan sebaiknya mendiamkan saja dengan anda tetap menahan emosi.

3. Mengajak pelaku untuk bekerja sama.

Langkah ini bisa dilakukan untuk mengambil hatinya dengan cara positif. Mengajak kerjasama bukan berarti menunjukkan kebencian kepada pelaku yang berusaha menjatuhkan anda. Berusahalah untuk mencari celah pekerjaan agar bisa bekerjasama dengan dia.

4. Meminta pendapat kepada pelaku terkait sikap saling menjatuhkan.

Tips ini perlu untuk dilakukan sebagai bentuk sindiran tidak secara langsung. Hanya saja, materi diskusi atau meminta pendapat tersebut jangan terlalu mengerucut pada kasus yang tengah anda hadapi. Sehingga seolah-olah anda tidak berbicara tentang dirinya.

5. Jika sedang bersama, bicarakan materi yang sifatnya umum, hindari membahas hal yang bersifat personal.

Materi umum yang dimaksud jangan terlalu masuk pada ranah pribadi anda dalam bekerja. Agar pelaku tidak bertambah datanya untuk menjatuhkan kita di depan pimpinan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya