SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

 

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Daya ingat dalam belajar kerapkali menjadi kendala tersendiri bagi anak. Tak sedikit kasus, anak yang baru saja diberikan materi pelajaran beberapa saat kemudian hilang di dalam memorinya. Hal ini terjadi karena tidur yang kurang berkecukupan bagi anak. Akibatnya, membuat mereka mudah lupa.

Ingin anak tidur aman dan nyaman? berikut tips aman dan nyaman tidur bagi anak atau bayi yang merupakan hasil wawancara dengan Dokter Spesialis Anak, RSA UGM, dr. Ade Febrina Lestasi M.Sc :

Ekspedisi Mudik 2024

1. Orangtua sebaiknya memahami manfaat tidur bagi anak terutama untuk perkembangan otak mereka, agar peduli dalam mempersiapkan tempat tidur anak.

2. Pastikan kamar dan tempat tidur anak seperti selimut dan bantal bersih atau diganti secara rutin dan lantai disapu setiap hari

3. Jika masih berumur 0-3 tahun orangtua bisa menempatkan pada kotak tempat tidur bayi namun orangtua harus peka dengan kebutuhan bayi seperti memberikan ASI atau menganti popok saat buang air kecil.

4.  Orangtua bisa menidurkan dalam satu ranjang dengan orangtua tetapi harus hati-hati agar tidak tertindih atau ibu ketiduran saat menyusui yang harus dihindari, karena ketiduran bisa membuat bayi tersedak atau nafasnya tertutup payudara ibu.

5.  Mematikan lampu atau membuat remang ruangan saat akan tidur agar tidak menganggu perkembangan penglihatan anak.

6.  Jika memakai AC atur suhu antara 25 sampai 26 derajat dan AC harus dibersihkan secara rutin agar tidak mudah terjangkit virus.

7. Kamar Non AC pastikan memiliki ventilasi yang cukup dan dibuka saat pagi harinya.

8. Hindarkan dari suara berisik saat jelang tidur. Boleh ada suara yang sedikit berisik namun suara gemericik air yang bisa didengarkan secara kontinyu.

9. Jika terpaksa menggunakan pampers saat tidur, sebaiknya harus diteliti atau diganti setiap saat agar tidak pampers terlalu kepenuhan air kencing yang memudahkan bakteri bersarang. Namun yang terbaik tidak menggunakan dan setiap saat kencing kemudian popok/celana bayi diganti.

10. Biasakan anak tidur tepat pada waktunya dan jangan mengajak bermain ketika waktunya anak tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya