SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bisnis.com, JAKARTA — Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 akan dibuka pada Senin (4/2/2019). Apa saja tahapan pendaftarannya?

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui siswa pendaftar SNMPTN 2019, yaitu:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

  1. Login dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan password yang sama dengan password untuk verifikasi nilai pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS);
  2. Siswa membaca dan menyetujui pernyataan kesungguhan untuk mendaftar SNMPTN;
  3. Siswa melakukan melakukan pendaftaran SNMPTN, yang mencakup: memilih PTN dan program studi, mengunggah foto, mengisi form pendaftaran, mengunggah bukti prestasi jika ada, mengunggah portofolio jika memilih program studi Seni dan/atau Olahraga;
  4. Siswa memfinalisasi pendaftaran SNMPTN. Setelah difinalisasi, pendaftaran tidak dapat diubah lagi. Jika tidak difinalisasi, maka siswa dianggap tidak mendaftar;
  5. Siswa mengunduh dan mencetak kartu tanda peserta.

Pendaftaran dilakukan di laman http://web.snmptn.ac.id. Proses pendaftaran SNMPTN 2019 berlangsung pada 4-14 Februari 2019, sedangkan pengumuman hasil seleksi disampaikan pada 23 Maret 2019.

Jika siswa pendaftar tidak memenuhi syarat untuk mengikuti SNMPTN, maka akan muncul pesan yang menyatakan bahwa pendaftar tidak dapat mengikuti SNMPTN dan dipersilakan mengikuti Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 

Berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), per 30 Januari 2019, jumlah siswa yang telah melakukan verifikasi data PDSS 2019 dan yang sudah terverifikasi otomatis adalah sebanyak 955.781 siswa. Sementara itu, jumlah siswa dari sekolah yang telah mengisi data sebanyak 2.340.922 siswa.

Pada 2018, hanya ada 648.104 siswa yang melakukan verifikasi dari jumlah siswa dari sekolah yang telah mengisi data sebanyak 2.293.513 siswa.
 

Sementara itu, data PDSS final mencatat jumlah sekolah yang telah mengisi data PDSS mencapai 18.206 sekolah. Namun, yang melakukan finalisasi pengisian data hanya 14.888 sekolah.

Dengan demikian, terdapat 3.318 sekolah yang tidak dapat mengikuti SNMPTN 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya