SOLOPOS.COM - Jokowi dan Jusuf Kalla (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, JAKARTA–Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) akan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan jasmani dan jiwa di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat ( RSPAD) Gatot Subroto di Jalan Dr. Abdul Rahman Saleh, Jakarta Pusat, Kamis (22/5/2014).

Kepala Bagian Urusan Dalam RSPAD Gatot Subroto Teguh Warsono di Jakarta, Kamis, mengatakan para calon presiden dan calon wakil presiden yang mengikuti pemilihan umum tahun ini akan menjalani pemeriksaan riwayat kesehatan, kesehatan jiwa dan kesehatan jasmani.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemeriksaan jasmani mencakup pemeriksaan kesehatan gigi serta pemeriksaan penyakit dalam, jantung dan pembuluh darah, paru, bedah umum, urologi, ortopedi, obstetri ginekologi, neurologi, mata, dan telinga-hidung-tenggorok (THT).

Pemeriksaan kesehatan para calon presiden dan calon wakil presiden akan berlangsung antara tujuh jam hingga delapan jam.

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa juga akan menjalani tahap pemeriksaan kesehatan yang sama di RSPAD Gatot Subroto pada Jumat (22/6).

“Bedanya ya cuma waktu saja, mungkin mereka butuh waktu istirahat untuk sholat Jumat besok,” kata Teguh.

Teguh menjelaskan, persiapan pemeriksaan kesehatan calon presiden dan calon wakil presiden sudah dilakukan Senin (19/6/2014).

RSPAD Gatot Subroto, menurut dia, telah memilih dokter-dokter spesialis dengan pengalaman menjadi dokter selama 20 tahun dan 15 tahun untuk memeriksa kesehatan para calon presiden dan wakil presiden.

“Kita sudah punya pengalaman melakukan ini sejak 2004, semua sudah disiapkan terkait peralatan dan tenaga medisnya. Tim dokter yang akan melakukan tes kesehatan terhadap capres dan cawapres terdiri dari 14 spesialis kedokteran di mana setiap spesialisasi ada tiga dokter,” katanya.
“Tes pemeriksaan sejak 2004 semakin canggih dan peralatan kesehatan semakin lengkap,” tambah dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya