SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BALIKPAPAN — Selama ini nama Samboja belum sepopuler Balikpapan ataupun Samarinda. Perlahan, nama Samboja mencuat sejak isu pemindahan ibu kota ke Kalimantan berembus. Nama Samboja mulai disebut-sebut bersamaan nama-nama seperti Somplak dan lokasi terdekat lainnya yaitu Bukit Soeharto.

Berikut sejumlah info yang dihimpun Bisnis/JIBI berdasarkan laman resmi pemerintah daerah Kutai Kartanegara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Letak Samboja

Wilayah Samboja terkenal sebagai salah satu wilayah hutan lindung dengan Taman Raya Hutan Bukit Soeharto serta kawasan rehabilitasi orang utan di Wanariset Samboja di kawasan Samboja Lestari.

Secara lebih detail, Samboja merupakan salah satu kecamatan di wilayah pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara. Luas wilayahnya mencapai 1.045,90 km. Jumlah penduduknya belumlah banyak, hanya 74.402 jiwa dengan kepadatan 71 jiwa/km persegi.

Secara geografis letaknya memang strategis, berbatasan langsung dengan gerbang Kalimantan Timur, yakni Balikpapan.

Penghasil Minyak

Samboja di kawasan Kutai Kartanegara tercatat sebagai salah satu produsen vital minyak dan gas bagi Bumi Etam. Tercatat ada 3 perusahaan multinasional migas yang beroperasi yakni Chevron Indonesia, Total E&P, serta VICO Indonesia.

Potensi Alam

Samboja memiliki sejumlah potensi wisata alam menarik seperti Pantai Tanah Merah, Pantai Tanjung Harapan, serta Bukit Bangkirai. Selain itu ada pula wisata budaya pesta laut Samboja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya