Inilah Penyebab Gunung Semeru Meletus

Badan Geologi menduga Gunung Semeru meletus akibat curah hujan yang membuat kondisi endapan lava tidak stabil.

 Erupsi Gunung Semeru terlihat dekat dari Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo. (Antara/HO/warga Desa Oro-oro Ombo)

SOLOPOS.COM - Erupsi Gunung Semeru terlihat dekat dari Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo. (Antara/HO/warga Desa Oro-oro Ombo)

Solopos.com, LUMAJANG – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut curah hujan tinggi diduga menjadi penyebab Gunung Semeru di Jawa Timur meletus pada Sabtu (4/12/2021). Curah hujan itu diduga membuat endapan lava menjadi tidak stabil.

“Terkait ketidakstabilan endapan atau lidah lava yang mungkin disebabkan curah hujan tinggi, sehingga memicu lava yang ada di sana erupsi atau terjadi guguran awan panas,” ujarnya dalam konferensi pers daring, seperti dikabarkan Bisnis.com, Minggu (5/12/2021).

Dugaan itu diperkuat tidak adanya aktivitas kegempaan pada 1-3 Desember 2021. Biasanya peningkatan aktivitas kegempaan di gunung menandai pernambahan volume lava ke permukaan yang menyebabkan erupsi. Saat ini Badan Geologi terus memantau aktivitas Gunung Semeru dan akan segera melapor ke BNPB jika ada potensi meletus atau erupsi susulan.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, Ini Foto-Foto Kondisi Warga Terdampak

Sementara itu menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMGB), sampai Minggu pukul 00.27 WIB telah terjadi 34 kali gempa terkait Gunung Semeru meletus.

Berdasarkan laman Magma Indonesia, telah terjadi 34 kali gempa Letusan/Erupsi dengan amplitudo 10-21 mm, dan lama gempa 50-150 detik. Adapun, status Gunung Semeru adalah Level II Waspada. Lalu, dua kali gempa Awan Panas Guguran dengan amplitudo 21-25 mm dan lama gempa 480-5160 detik dan 13 kali gempa Guguran dengan amplitudo 2-12 mm dan lama gempa 40-180 detik.

Selain itu, terjadi 15 kali gempa Hembusan dengan amplitudo 2-8 mm, dan lama gempa 35-70 detik dan satu kali gempa Tektonik Jauh dengan amplitudo 5 mm, S-P 17 detik dan lama gempa 30 detik.

Baca juga: Semeru Termasuk Gunung Api Strato, Ini Ciri-Cirinya saat Meletus

Pengamatan visual Gunung Semeru tertutup Kabut 0-II hingga tertutup Kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Cuaca mendung hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah utara, timur laut dan selatan.

Sementara itu pihak BNPB sempat mengalami dua gangguan saat melakukan evakuasi setelah Gunung Semeru meletus. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto menuturkan tebalnya debu serta putusnya jembatan Gladak Perak akibat guguran awan panas Gunung Semeru kian mempersulit proses evakuasi.

“Di lokasi debunya sangat tebal sekali, sehingga mobil 4×4 tidak bisa menembus lokasi,” ujar Suharyanto dalam konferensi pers daring, Sabtu (4/12/2021).

Selain itu, kata Suharyanto, jembatan Gladak Perak yang menghubungkan Lumajang dengan Malang putus. Kondisi ini pun membuat proses evakuasi semakin sulit, sehingga para warga terpaksa dilarikan ke Kabupaten Malang.

Berita Terkait

Berita Terkini

Menkes Kantongi Identitas Penyuntik Vaksinasi Kosong untuk Siswa SD

Sebelumnya, beredar video viral saat seorang siswa SD di Sumatra utara mendapatkan suntikan vaksin kosong, yang terekam oleh orang tua murid.

Satgas Covid-19: Kasus Omicron Naik, Kurangi Mobilitas dan Tatap Muka

Per Jumat (21/1/2022), Satgas Covid-19 mencatat kasus virus naik 2.604 sehingga total kasus menjadi 4.280.248 kasus.

Buntut Laka Maut, Kendaraan Berat Dilarang Masuk Kota Balikpapan

Rahmad berharap, nantinya mobil besar disediakan jalur tol sehingga tidak perlu melintasi jalur kota di Balikpapan.

Gempa Magnitudo 4,4 Goyang Mandailing Natal

Kabupaten Mandailing Natal merupakan pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Selatan pada tahun 1998.

Perludem: Ada Jeda Antara Pemilu DPRD dengan Pemilu DPR dan Pilpres

Titi berpandangan Mahkamah Konstitusi tidak menyatakan ruang penentuan pemberian jeda antar pemilu hanya diberikan kepada pembentuk undang-undang.

Jadi Ikon Paris, Pembangunan Menara Eiffel di Paris Pernah Dikritik

Menara Eiffel dibangun untuk tujuan Exposition Universelle atau Pameran Dunia 1889 memperingati 100 tahun revolusi Perancis.

Kosgoro: Ridwan Kamil Fokus ke Jawa Barat Saja

Dan jika sinyalemen ini benar, Ridwan Kamil diminta untuk tetap memilih memimpin Jabar dibanding Nusantara.

Begini Kondisi Korban Selamat dari Kecelakaan Maut di Balikpapan

Korban selamat dari kecelakaan maut di Jl. Soekarno-Hatta Kilometer 0, kawasan Turunan Rapak atau Turunan Kilo Balikpapan, Jumat (21/1/2022) mendapatkan perawatan intensif di 3 rumah sakit.

+ PLUS Pelibatan Militer dalam Proyek Food Estate Rawan Pelanggaran HAM

Food estate atau lumbung pangan merupakan rencana pengembangan terintegrasi antara pertanian, perkebunan, dan peternakan di suatu kawasan dengan tujuan sebagai penyedia cadangan pangan nasional dan antisipasi krisis pangan.

Disuntik Dana BPKH, Bank Muamalat Makin Sehat

Wapres mengatakan pemberian suntikan dana terhadap Bank Muamalat merupakan salah satu solusi untuk menyehatkan kondisi bank syariah tersebut.

Pisahkan Pusat Pemerintah dan Ekonomi, 9 Negara Ini Pindahkan Ibu Kota

Meski direlokasi, hanya pusat administrasi negara yang dipindah sehingga pemerintah mengklaim akan  menjamin pusat administrasi bisnis tetap berada di DKI Jakarta.

Penuhi Kriteria Pemimpin Ibu Kota Baru, Ini Komentar Ridwan Kamil

Sosok Ridwan Kamil merupakan seorang arsitek sebelum akhirnya terjun ke kancah politik.

1,5 Juta Orang Meninggal akibat Tuberkulosis, Begini Sikap G20 dan G7

Indonesia dan Jerman menyinergikan Presidensi G20 dan G7 dalam mewujudkan respons yang lebih kuat terhadap krisis kesehatan, terutama penyakit tuberkulosis.

Menangis, Ustaz Yusuf Mansur Antar Sahabat ke Peristirahatan Terakhir

Yusuf Mansur lantas mengibaratkan jika ia meninggal saat ini akan seperti apa pemberitaan tentang dirinya.

+ PLUS Rendahnya Kesadaran Wong Jateng untuk Pakai Helm Saat Berkendara

Rendahnya kesadaran untuk memakai helm tercermin dari banyak korban kecelakaan di Jawa Tengah mengalami cedera pada bagian kepala yang menyentuh 10,61 persen.