SOLOPOS.COM - REUTERS/UEFA/Handout

Toni Kroos menjadi pemain paling banyak melakukan passing sedangkan Gareth Bale mencatat peluang terbanyak.

Solopos.com, PARIS – Fase grup Piala Eropa 2016 telah usai. Sejumlah tim-tim besar dipastikan lolos babak 16 besar. Lolosnya tim-tim ini tentu tak lepas dari peran pemain-pemain krusial yang turut menjadi kunci kesuksesan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

UEFA mencatat statistik-statistik penting tentang peran pemain-pemain di gelaran Piala Eropa 2016. Statistik yang diumumkan di laman EURO2016.com meliputi banyak hal seperti jumlah gol terbanyak, assist terbanyak hingga pemain dengan tingkat akurasi umpan tertinggi.

Dari catatan itu, statistik yang paling populer adalah pencetak gol terbanyak atau top skor. Alvaro Morata dan Gareth Bale menjadi dua pemain yang paling banyak mencetak gol di fase grup dengan sama-sama mencetak tiga gol.Statistik Kunci

Sedangkan untuk assist, Aaron Ramsey berada di posisi teratas dengan dua assist. Ramsey berbagi posisi dengan Eden Hazard dengan jumlah assist yang sama.

Untuk kiper, Islandia sepertinya patut berbangga dengan Hannes Halldorsson yang mampu mencatat 19 penyelamatan atau unggul tiga penyelamatan lebih banyak dari kiper Irlandia Utara Michael McGovern. Sedangkan kiper Polandia Andriy Pyatov mencatat prestasi tersendiri lantaran tidak kebobolan dan melakukan 14 penyelamatan penting.

Catatan menarik lain adalah pemain dengan tingkat akurasi umpan paling tinggi. Sergio Ramos mencatat 97% passing clear sedangkan Toni Kroos berada di tempat teratas pemain dengan umpan paling banyak.

Dalam statistik umpan paling banyak, Spanyol menempatkan lima pemain di posisi sepuluh pemain paling banyak melakukan umpan. Jerman selain Toni Kroos juga menempatkan dua gelandang tengahnya Sami Khedire dan Jerome Boateng.Statistik Passing

Yang mengejutkan ada nama gelandang Inggris, Eric Dier dengan akurasi passing 90%. Sedangkan Granit Xhaka dengan 92% yang berada tepat di bawah Kroos.

Statistik lain yang dirilis UEFA memperlihatkan pemain dengan percobaan mencetak gol paling banyak. Dalam statistik ini, dua striker Real Madrid, Gareth Bale (Wales) dan Cristiano Ronaldo (Portugal) melakukan tembakan ke gawang paling banyak diantara pemain-pemain lain di Euro 2016.Statistik Peluang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya