Inilah Masjid di Kota Solo Yang Paling Dekat Dengan Musafir

Masjid Al-Musyafir menjadi jujugan pertama bagi para musafir atau pelaku perjalanan di Terminal Tirtonadi Solo untuk menunaikan ibadah salat.

 Petugas Terminal Tirtonadi Solo membaca Alquran seusai melaksanakan Salat Zuhur di Masjid Al-Musyafir Terminal Tirtonadi, Solo, Selasa (5/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Petugas Terminal Tirtonadi Solo membaca Alquran seusai melaksanakan Salat Zuhur di Masjid Al-Musyafir Terminal Tirtonadi, Solo, Selasa (5/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Masjid di kawasan Terminal Bus Tipe A Tirtonadi, Kota Solo, ini bisa jadi adalah masjid yang paling dekat dengan para musafir atau pelaku perjalanan. Masjid Al-Musyafir namanya.

Jemaah di masjid ini sangat beragam. Banyak musafir dari berbagai daerah salat di masjid tersebut. Pantauan Solopos.com, Rabu (6/4/2022) siang, jemaah masjid berdatangan untuk menunaikan Salat Zuhur.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Ada petugas terminal, warga sekitar terminal, kernet dan sopir bus, pegawai agen tiket bus, sampai pelaku perjalanan menuju ke masjid. Salah satunya Ikhsan, 25, yang meletakkan tiga tas di depan masjid untuk mengikuti salat berjamaah.

Baca Juga: Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo Siapkan 125 Porsi Menu Buka Bersama

Dia baru saja tiba di terminal setelah perjalanan naik travel dari Wonosobo dan turun di Terminal Tirtonadi. Dia salat sejenak di Masjid Al-Musyafir, Terminal Tirtonadi, Kota Solo, sebelum melanjutkan perjalanan menggunakan bus ke Ngawi, Jawa Timur.

Ikhsan merupakan salah satu santri pondok pesantren di Wonosobo. Pesantren tempat Ikhsan belajar libur selama Ramadan setiap tahunnya. Teman-temannya sudah pulang ke kampung halaman akhir pekan lalu.

Ikhsan mengaku sering salat di Masjid Al-Musyafir Terminal Tipe A Tirtonadi sejak kuliah di Jogja, beberapa tahun lalu. Dia biasanya salat di masjid sebelum melanjutkan perjalanan Ngawi-Jogja.

Baca Juga: Kemenag Umumkan Ramadan Mulai Minggu, Jamaah Masjid Agung Solo Kecele

Menyediakan Takjil

“Alhamdulillah sekarang ini fasilitasnya sudah bagus. Saya sering ke sini. Dulu sering waktu masih kuliah. Setelah sekian lama baru sekarang ini,” katanya kepada Solopos.com.

Salah satu Takmir Masjid Al-Musyafir Terminal Tirtonadi, Kota Solo, Sumarno, menjelaskan jemaah masjid kerap salat lalu tadarusan saat Ramadan di masjid tersebut. Masjid menyediakan takjil 180 porsi kepada warga yang datang setiap sore selama Ramadan.

Baca Juga: Takmir Masjid Agung Solo Fasilitasi Salat Tarawih 8 Rakaat & 20 Rakaat

“Alhamdulillah tahun ini bersyukur diberikan pelonggaran. Para jemaah bersemangat untuk datang. Warga sekitar yang masjidnya penuh dan sempit datang ke sini,” ujarnya.

Menurutnya, nama Masjid Al-Musyafir dipilih karena banyak orang musafir di terminal. Bangunan masjid lebih luas ketika ada revitalisasi Terminal Tirtonadi.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pentas Wayang HUT Solopos di ISI Solo, Ki Anom Suroto Obati Kerinduan Penonton

      Pentas wayang memeriahkan HUT ke-25 Solopos Media Group di Pendapa ISI Solo mampu mengobati kerinduan penonton dengan kehadiran dalang Ki Anom Suroto, Minggu (25/9/2022).

      Ultah ke-25, Solopos Nanggap Wayang Ki Anom Suroto di ISI Solo

      Solopos Media Group menanggap wayang kulit dengan menampilkan dalang kondang Ki Anom Suroto dengan lakon Amarta Binangun, Minggu (25/9/2022) di ISI Solo pada rangkaian acara HUT ke-25 Solopos.

      Hindari Macet di Jurug, Naik KRL Commuterline Palur-Solo hanya 10 Menit

      Warga disarankan memanfaatkan layanan Commuterline KRL Solo-Jogja yang sudah beroperasi sampai Stasiun Palur untuk hindari macet di kawasan Jurug akibat penutupan dua jembatan.

      Kapolda Jateng Sebut Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo Diduga karena Kelalaian

      Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyebut ledakan di Asrama Brimob Arumbara di Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo, Minggu (25/9/2022) petang, akibat kelalaian.

      Hore! Yaspim Darussalam Resmikan Rumah Qur’an di Jimbung Klaten

      Yayasan Peduli Anak Yatim (Yaspim) Darussalam meresmikan Rumah Qur’an yang berlokasi di Dukuh Peren, Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Minggu (25/9/2022).

      Warga Tercebur Sumur di Klaten Selamat, Netizen: Terima Kasih Orang Baik!

      Evakuasi warga Desa Mayungan, Kecamatan Ngawen yang tercebur sumur, Minggu (25/9/2022) pukul 14.40 WIB berlangsung lancar.

      Rumah di Gesi Sragen Terbakar Saat Ditinggal Kondangan, Kerugian Rp120 Juta

      Kebakaran di rumah Nur Solihin, 52, warga Dukuh Grengseng Poleng, RT 004, Desa Gesi, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen, Minggu (25/9/2022), menyebabkan kerugian materiel mencapai Rp120 juta.

      Ditabrak Mobil di Jl. Solo-Jogja, Bocah Asal Tegalgondo Klaten Meninggal Dunia

      Kecelakaan lalu lintas melibatkan sepeda kayuh dan mobil terjadi di ruas jalan raya Solo-Jogja, Desa Wadunggetas, Kecamatan Wonosari, Minggu (25/9/2022) siang.

      Kronologi Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo, Jendela Rumah sampai Bergetar

      Ledakan di Asrama Brimob Arumbara di Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo, Minggu (25/9/2022) petang, cukup keras hingga mengakibatkan jendela rumah bergetar.

      Bum! Ada Ledakan di Asrama Brimob Telukan Grogol Sukoharjo, 1 Polisi Terluka

      Satu orang terluka akibat ledakan di Asrama Brimob Arumbara di Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo, Minggu (25/9/2022) petang.

      Tanah Tiba-Tiba Ambles, Warga Mayungan Klaten Terperosok ke Dasar Sumur

      Sukisno, 79, warga Desa Mayungan, Kecamatan Ngawen berhasil diselamatkan tim gabungan setelah tercebur sumur sedalam 13 meter, Minggu (25/9/2022).

      Menelisik Rantai Bisnis Perdagangan Anjing di Solo sampai Jadi Rica-Rica Gukguk

      Rantai bisnis perdagangan anjing di Kota Solo, mulai dari pengiriman sampai menjadi rica-rica gukguk yang tersaji di meja warung, berlangsung senyap dan cepat.

      Munculnya Hutan Kamboja di Klaten Ternyata Berawal dari Ketidaksengajaan

      Kabupaten Klaten dinilai banyak menyimpan wisata hits di kalangan anak muda.

      Rumah Warga Gesi Sragen Ludes Terbakar Saat Ditinggal Kondangan

      Rumah milik Nur Solihin, 52, warga Dukuh Grengseng Poleng, RT 004, Desa Gesi, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen, ludes terbakar saat ditinggal kondangan pada Minggu (25/9/2022).

      Harga Cabai dan Telur Turun, Pasar Tradisional di Klaten Malah Sepi Pembeli

      Harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar darurat Pasar Gede Klaten relatif stabil dan ada yang turun.