SOLOPOS.COM - Jembatan Comal (Instagram/@wonderfulpemalang)

Solopos.com, PEMALANG -- Jembatan Comal berada di kawasan pantura, tepatnya di Kabupaten Pemalang. Keberadaannya sangat vital bagi kelancaran transportasi darat dikarenakan jembatan ini merupakan satu-satunya penghubung antara Pekalongan dan Pemalang.

Jembatan ini sudah dua kali ambruk, terakhir jembatan ini ambruk pada 18 Juli 2014 silam. Jembatan yang berlokasi di Kecamatan Comal ini ambruk pada tengah malam.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Penyebab ambruknya jembatan ini diakibatkan karena sebelumnya pada bulan Febuari 2014 terjadi banjir besar di Sungai Comal yang membuat pancang jembatan sisi barat mengalami kemiringan. Namun setelah diperbaiki oleh Bina Marga, kondisi jembatan dinyatakan aman hingga saat ini.

Baca Jugaa :Kromoleo, Sosok Rombongan Hantu Pembawa Keranda

Ekspedisi Mudik 2024

Kisah ambruknya Jembatan Comal ini rupaya dianggap tidak wajar oleh masyarakat sekitar sehingga dikaitkan dengan kejadian mistis. Bahkan jembatan ini sudah dianggap angker oleh masyarakat sekitar.

Melalui pantauan Solopos.com, Jumat (7/5/2021), di kanal YouTube, Lensa Sejarah dengan judul video Siluman Ular Di Jembatan Comal || Misteri Penunggu Jembatan Comal  ada beberapa keyakinan oleh warga setempat terkait misteri yang ada di Jembatan Comal  ini.

Warga setempat meyakini ada 3 kerajaan, kerajaan pertama ada di bantaran sungai dengan pintu utama di sekitar rumpun bambu. Kerajaan ini diyakini dihuni oleh siluman ular dan buaya.

Baca Juga :Soto Kemiri, Sajian Kuliner Legendaris dari Dukuh Kemiri Pati

Kerajaan berikutnya ada di atas jembatan yang dihuni oleh sekumpulan wanita  yang berpakaian serba putih mirip sosok kuntilanak. Sedangkan kerajaan ketiga terletak di makam tua yang lokasinya tidak jauh dari Jembatan Comal dan dihuni oleh sekelompok laki-laki dengan pakaian  serba hitam.

Beberapa warga juga mengaku pernah melihat penampakan-penampakan mistis, salah satunya melihat sosok  siluman buaya putih yang ada di bawah jembatan. Meskipun tidak mengganggu, penampakan ini dirasa tetap menakutkan bagi warga yang melihatnya.

Selain itu juga ada yang melihat penampakan siluman ular. Hal ini dialami oleh para  pekerja yang sedang  merenovasi jembatan ini pasca ambruk di tahun 2014 silam. Menurut pengakuan saksi mata, sosok siluman ini berkepala wanita dan tubuh ular berwarna putih

Baca Juga : UNS Jalin Kerja Sama dengan Kedubes Indonesia untuk Afghanistan

Selain adanya penampakan dari mahkluk gaib, rangkaian kecelakaan juga sering terjadi di jembatan ini. Menurut penuturan warga setempat, rangkaian kecelakaan yang terjadi terhitung sering dan masyarakat sekitar meyakini kecelakaan ini diakibatkan oleh makhuk gaib ini.

Anehnya lagi, kejadian kecelakaan yang terjadi konon juga bersamaan dengan adanya kejadian mistis di lokasi Jembatan Comal ini. Konon jika akan terjadi kecelakaan, selalu didahului dengan suara anak menangis dibawah kolong jembatan.

Salah satu komentar  di kanal tersebut dengan nama Ione, mengatakan bahwa sebagai warga lokal, dirinya belum pernah melihat sosok gaib yang dipercaya ada. Komentar lainnya dari Noviar Christian yang mengatakan bahwa itu hanyalah mitos belaka. Namun dirinya juga mengingatkan untuk selalu berdoa saat akan berpergian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya