SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

(Solopos.com) – Asian Parliamentary Assembly, di Solo, Rabu-Kamis (28-29/9/2011) resmi berakhir. Sidang ini menghasilkan sejumlah keputusan dan rekomendasi. Berikut hasil-hasil dari sidang tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

– Draf Resolution on The Protection and Promotion of The Rights of Migrant Workers in Asia.
1. Delegasi Indonesia telah memperjuangan kepentingan TKI dengan memasukkan isu-isu yang penting bagi perlindungan hak-hak tenaga kerja ke dalam darft itu.
2. Pentingnya peran parlemen sekaligus dorongan bagi parlemen untuk mereview legislasi terkait pekerja migran dan mendukung proses budgeting untuk program-program terkait.

Deklarasi Solo tentang Persahabatan dan Kerjasama di Asia
1. Pentingnya upaya promosi dan memperkuat hubungan persahabatan dan kerja sama antarnegara-negara di Asia dengan berdasarkan prinsip kesetaraan dan saling menghormati kemerdekaan, integritas dan kedaulatan wilayah dan juga prinsip-prinsip non-interference urusan domestik negara lain sejalan dengan Piagam PBB, Piagam APA dan prinsip-prinsip hukum Internasional.

2. Perdamaian dan keamanan abadi di kawasan Asia merupakan bagian dari tujuan utama persahabatan dan kerja sama di Asia. Dengan demikian, Parlemen di Asia diharapkan dapat mendorong penggunaan penyelesaian konflik secara damai, dengan memajukan dialog. Sekaligus menegaskan pentingnya parlemen di Asia untuk melindungi HAM termasuk aspirasi atas demokrasi hingga perlindungan hak para pekerja migran.

3. Parlemen memegang peran penting dalam mendukung prinsip tersebut dengan mengkonsolidasikan semangat yang ada, sekaligus memperkuat solidaritas berdasarkan aspirasi rakyatnya.

nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya