Inilah Gentong Geni, Solusi Alternatif Pengelolaan Sampah di Klaten

Inilah Gentong Geni, Solusi Alternatif Pengelolaan Sampah di Klaten

SOLOPOS.COM - Warga membakar sampah menggunakan Gentong Geni dalam uji coba yang digelar di Dukuh Mireng Kidul, Desa Mireng, Kecamatan Trucuk, Klaten, Kamis (5/10/2017). (Cahyadi Kurniawan/JIBI/Solopos)

Pengelolaan sampah Katen, alat pembakar sampah gentong geni diuji coba.

Solopos.com, KLATEN — Alat pembakar sampah bersuhu tinggi yang dinamai Gentong Geni diuji coba di Dukung Mireng Kidul, Desa Mireng, Kecamatan Trucuk, Klaten, Kamis (5/10/2017). Alat itu selain mampu mereduksi volume sampah juga bisa menjadi cara menumbuhkan kesadaran masyarakat memilah sampah.

Inisiator pembuatan Gentong Geni, Usman Wijanarto, mengatakan biaya produksi satu unit gentong geni jumbo sebesar Rp100 juta. Sedangkan untuk ukuran kecil mencapai Rp80 juta.

Saat ini, kata dia, Gentong Geni memerlukan beberapa penyempurnaan seperti otomatisasi input sampah dan output berupa abu. Selain itu, perlu peningkatan daya batu tahan api untuk supaya panas yang dihasilkan lebih tinggi termasuk perbaikan pintu depan untuk perbaikan dan pengecekan.

“Kami juga mengupayakan reduksi asap yang dihasilkan supaya lebih ramah lingkungan. Kami berusaha akhir tahun ini seluruh penyempurnaan selesai” ujar Usman di sela-sela uji coba Gentong Geni, Kamis.

Camat Trucuk, Bambang Haryoko, mengatakan pemerintah tengah mengupayakan pembangunan Tempat Penampungan Sampah sementara (TPS) R-3 jumbo dengan luas 1.000 meter di tiap kecamatan. Namun, hal itu membutuhkan proses. Sedangkan, volume sampah di tiap-tiap wilayah berbeda-beda.

“Ada Gentong Geni untuk mengatasi volume sampah tingkat desa. Kalau cocok, bisa dianggarkan tahun 2018,” kata Bambang,

Ia menilai Gentong Geni menjadi alternatif untuk penutupan TPS-TPS liar yang berada di Trucuk. Selama ini penutupan TPS kerap tanpa diimbangi solusi pengelolaan sampah sehingga sampah hanya berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya.

Kepala Desa Mireng, Sunu Hadi Susanto, mengatakan jika Gentong Geni dinilai efektif dan efisien, tak menutup kemungkinan, ia akan menganggarkan pengadaan alat tersebut tahun depan.

“Di Mireng juga akan dibangun TPS R-3 dengan luas 1.000 meter persegi sesuai program satu kecamatan satu TPS yang diinisiasi pemerintah,” ujar dia.

Camat Ceper, Supriyono, mengatakan Gentong Geni alat itu menjadi solusi alternatif persoalan sampah dalam situasi darurat. “Kalau tidak segera di atasi, sampah dikhawatirkan memicu timbul persoalan baru,” kata dia dalam uji coba yang juga dihadiri para kepala desa di Trucuk, jajaran Muspika, dan Polsek Trucuk.

Berita Terkait

Berita Terkini

Ada Aturan Makan di Tempat Maksimal 20 Menit, Begini Tanggapan Pelaku Usaha Kuliner di Boyolali

Sesuai ketentuan baru pada PPKM Level 3 di Kabupaten Boyolali, warga boleh makan di warung makan namun dengan batasan waktu 20 menit saja.

Layanan Tes Covid-19 dan Vaksinasi di Bandara – Stasiun, Cek Jadwal dan Tarifnya

Kini bandara di bawah otoritas Angkasa Pura 1 ini melayani dua tes Covid-19, yakni tes PCR dan tes antigen, serta vaksinasi Covid-19.

Ngaku Petugas Puskesmas Teror Peserta Vaksinasi Di Boyolali, Pelaku Sebut Ini Motifnya

Identitas dan motif pengirim pesan teror kepada dua perempuan peserta vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Teras, Boyolali, akhirnya terungkap.

Kebakaran Dua Rumah Di Grobogan Diduga Karena Korsleting

Kebakaran dua rumah di Grobogan tersebut terjadi di Kecamatan Pulokulon dan Kecamatan Toroh, pada pagi dan siang hari, Kamis (29/7/2021).

Update Covid-19 Hari Ini: Positif 43.479, Sembuh 45.494, Meninggal 1.893

Secara keseluruhan kasus positif Covid-19 di Indonesia hingga saat ini mencapai 3.31.206.

Rutan Solo Kerahkan Sipir Penjara Susuri Perkampungan Bagikan Sembako

Rutan Solo mengerahkan para sipir dan pegawai untuk berkeliling bagikan sembako kepada masyarakat terdampak pandemi corona.

Mantap! Desa Kemudo Klaten Gandeng Klinik dan Siapkan 16 Tracer Untuk Percepat Penanganan Covid-19

Upaya mempercepat pelacakan kontak erat diberlakukan di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Klaten, dengan menyiapkan 16 tracer.

Jonatan Christie Gagal Ikuti Anthony Ginting ke Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

Jonatan Christie ditumbangkan tunggal putra China, Shi Yuqi, dengan dua game langsung 11-21, 9-21.

Keren! 6 Organisasi Mahasiswa Siap Bantu Penanganan Covid-19 Jateng

Mereka kemudian berdiskusi dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, terkait keterlibatan mahasiswa dalam penanganan Covid-19 di masyarakat.

Bantu UKM Kuliner, Fakultas Pertanian UNS Sosialisasi Keamanan Pangan Produk Frozen Food

Prodi llmu Teknologi Pangan Fakultas Pertanian (FP) UNS dengan melakukan sosialisasi keamanan pangan produk frozen food dan pengurusan izin edar MD bagi pelaku usaha kuliner di Solo.

Berbagi ke Warga Sekitar, Solo Grand Mall Bagi-bagi Paket Sembako

Puluhan paket sembako tersebut diserahkan secara oleh General Manager Solo Grand Mall, Bapak Bambang Sunarno, kepada warga Penumping.

AKBP Edy Suranta Sitepu Tak Lagi Menjabat Kapolres Klaten, Ini Pejabat Yang Baru

Kapolres Klaten diganti, AKBP Edy Suranta Sitepu sudah tidak lagi menduduki tersebut dan diganti pejabat baru per Rabu (28/7/2021).