SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Satu kampung di Dusun Jogobayan, Desa Tiron, Kecamatan Madiun, diresmikan sebagai kampung tertib lalu lintas (lantas), Jumat (30/11/2018). Diharapkan kampung tertib lantas itu bisa menjadi contoh bagi masyarakat dan pengguna jalan untuk tertib berlalu lintas.

Kampung tertib lalu lintas di Dusun Jogobayan ini merupakan kampung tertib lantas pertama  di Kabupaten Madiun.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Di kampung tertib lantas itusecara khusus didesain menyerupai jalan raya yang dilengkapi marka jalan dan rambu lalu lintas. Tembok-tembok rumah warga Jogobayan Madiun juga dihiasi berbagai mural tentang tertib lalu lintas dan rambu lalu lintas.

Selain itu, di salah satu rumah warga juga dilengkapi dengan perpustakaan yang berisi buku-buku tentang lalu lintas dan umum. Ada juga wahana bermain anak yang berisi tentang pelajaran berlalu lintas secara benar.

Koordinator kampung tertib lantas, Sunaryo, mengatakan kampung tertib lantas ini merupakan inisiasi dari masyarakat dusun setempat. Tercetusnya kampung ini merupakan bentuk keprihatinan atas banyaknya pengguna jalan yang melanggar peraturan lalu lintas.

Untuk itu, kampung tertib lantas ini untuk mengedukasi dan mengingatkan masyarakat atas pentingnya menaati peraturan lalu lintas. Minimal warga kampung bisa menjadi pelopor untuk taat berlalu lintas.

“Kami menginisiasi terbentuknya kampung tertib lalin. Kemudian aksi kami ini pun mendapat dukungan dari Polres Madiun,” ujar dia, Jumat.

Sunaryo yang juga wakil ketua RT 008/RW 001 itu menyampaikan di dalam kampung tertib lalin ini seluruh jalan kampung diberi marka dan rambu lalu lintas. Selain itu, ada juga taman lalu lintas mini serta perpustakaan mini untuk anak-anak.

Kasatlantas Polres Madiun, AKP Imam Mustolih, mengatakan kampung tertib lalin di Dusun Jogobayan ini merupakan yang pertama. Kampung ini merupakan wujud nyata dari taman lalu lintas yang biasanya dibuat mengedukasi masyatakat tentang ketertiban lalu lintas.

“Kalau biasanya kan ada taman lalu lintas. Tapi ini diterapkan lebih besar yaitu di sebuah kampung,” ujar Imam saat meresmikan kampung tertib lalu lintas.

Munculnya ide kampung tertib lalu lintas ini merupakan inisiasi dari masyarakat setempat. Dia berharap kampung tertib lalin ini bisa ditiru kampung lain di Madiun.

“Saya harapkan ini bisa diduplikasi oleh kampung lainnya. Supaya masyarakat lebih sadar terhadap tertib berlalu lintas,” jelas dia.

Menurut Imam, kampung tertib lalin ini tentu bisa menyadarkan masyarakat terhadap pentingnya berlalu lintas sesuai aturan. Minimal masyarakat di kampung tersebut akan menjadi lebih patuh dan malu saat melanggar rambu-rambu lalu lintas. 

Silakan KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya