SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemangkasan daun pohon yang terlalu rimbun. (JIBI/Solopos/Antara/Achmad Zaenal M.)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang melakukan langkah antisipasi pohon tumbang pada musim penghujan tahun 2019 ini. Hal tersebut dilakukan demi mengamankan warga dari bahaya tertimpa pohon tumbang yang bisa mengancam nyawa.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang Ali menuturkan perampingan dan perapihan ranting-ranting pohon terutama yang berada di ruas jalan protokol menjadi fokus untuk mengantisipasi pohon tumbang.

Promosi Riwayat Operasi Sesar dari Pedagang Babi hingga Jadi Tren Kekinian

Menurutnya, perampingan pohon bukan berati melakukan penggundulan atau bahkan menebangnya. Pihaknya menata dengan baik agar estetika tetap ada namun tidak menimbulkan pohon tumbang.

Sebenarnya, permintaan penebangan pohon dari masyarakat memasuki musim penghujan ini cukup tinggi. Kendati demikian, dia tidak ingin asal melakukan penebangan pohon agar Kota Semarang tetap hijau sehingga suhu tidak terlalu tinggi saat musim panas.

“Permintaan penembangan pohon banyak. Tapi kami cek dulu, kira-kira masih layak atau tidak. Kami tidak asal tebang agar saat musim panas Kota Semarang tidak terlalu panas. Seperti kemarin suhunya hingga 39 derajat celcius. Kami mengantisipasi itu,” jelasnya, Jumat (15/11/2019).

Berdasarkan data Disperkim, terdapat 3.433 pohon yang terinventarisasi Disperkim Kota Semarang. Pengecekan secara berkala terus dilakukan memasuki musim penghujan.

Perampingan pohon juga terus dilakukan secara bertahap mengingat masih terkendala alat crane.  Ali menyebutkan, Disperkim hanya memiliki tiga alat crane. Dua di antaranya terus berkeliling untuk pengecekan.

Diakuinya, satu crane tersebut dalam kondisi tidak dapat digunakan. Idealnya, kata dia, Disperkim memiliki lima hingga tujuh crane untuk berkeliling melakukan perampingan pohon di seluruh wilayah Kota Semarang.

“Paling tidak seharusnya punya 5 sampai 7 alat agar perempelan pohon bisa dilakukan dengan cepat. Kami sudah anggarkan di tahun 2020 untuk penambahan alat crane Rp1 miliar,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya