SOLOPOS.COM - Ilustrasi (healtmeup.com)

Solopos.com, SOLO – Luka bakar memang bisa saja terjadi begitu saja, namun penanganan yang salah terhadap luka bakar ringan jutru akan menimbulkan bekas luka sulit untuk dihilangkan. Terkena luka bakar sebenarnya dapat diatasi dengan beberapa bahan yang mudah didapatkan di rumah dan pastinya merupakan bahan alami yang tak akan menimbulkan efek samping.

Ditilik solopos.com, Selasa (1/4/2014), laman Healthmeup memberikan beberapa solusi mudah yang dapat membatu Anda menangani luka bakar ringan dengan benar. Berikut ulasannya:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Madu

Madu kaya akan antiseptik dan sifat penyembuhan. Obat rumah ini dapat membantu menenangkan dengan segera luka bakar yang Anda alami. Madu juga dapat membantu meminimalkan bekas luka akibat luka bakar yang telah mengenai kulit Anda.

Cuka

Cuka sudah dipercaya sebagian besar masyarakat untuk mengobati luka bakar. Yang perlu Anda lakukan ketika terkena luka bakar adalah membasahi kain dengan cuka encer lalu kompres pada luka Anda. Teruslah mengulanginya dengan cuka segar jika rasa sakit semakin meningkat.

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah pengobatan rumah paling paling ampuh mengatasi luka bakar. Lidah buaya tidak hanya memiliki efek mendinginkan, tetapi juga mempercepat proses peremajaan kulit. Caranya, potong lidah buaya lalu aplikasikan jeli yang ada di lidah buaya pada luka bakar Anda, ulangi sampai luka Anda benar-benar mengering.

Kulit Pisang

Kulit pisang juga dipercaya dapat mengurangi rasa sakit pada bagian luka yang terbakar. Para ahli menyarankan untuk menempatkan kulit pisang pada luka bakar hingga berubah warna menjadi kehitaman.

Minyak Zaitun

Selain mengobati kulit kering, minyak zaitun juga bermanfaat untuk mengobati luka bakar ringan. Mengaplikasikan minyak zaitun pada bagian yang luka dapat mengobati rasa sakit dan merupakan pertolongan pertama yang ampuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya