Inilah Ben Woodburn, Remaja Ganteng Pencetak Gol Termuda Liverpool
Pemain Liverpool, Ben Woodburn, melakukan selebrasi setelah mencetak gol. (Reuters / Carl Recine)

Ben Woodburn mencuri perhatian setelah menjadi pencetak gol termuda Liverpool sepanjang sejarah.

Solopos.com, LIVERPOOL -- Striker belia Liverpool, Ben Woodburn, langsung populer karena mampu memecahkan rekor Michael Owen sebagai pencetak gol termuda sepanjang sejarah Liverpool ketika mencetak satu gol ke gawang Leeds United pada perempat final Piala Liga di Anfield, Rabu (30/11) dini hari WIB.

Woodburn mencetak gol pertamanya di usia 17 tahun 45 hari, mengalahkan rekor Owen saat mencetak gol di usia 17 tahun 143 hari. Di bawah kedua pemain itu ada Jordan Rossister dan Raheem Sterling. Lantas siapakah sebenarnya Ben Woodburn? Berikut profilnya seperti dikutip dari Dailymail.co.uk.

Dari Mana asalnya Woodburn?

seperti Michael Owen, Woodburn lahir di perbatasan Chester dengan tempat tinggalnya saat ini, Cheshire Village. Namun tidak seperti Owen yang bermain untuk Timnas Inggris junior, Woodburn bermain untuk Timnas Wales U-17 dan U-19.

Apa yang dia capai di level junior?

Woodburn bergabung dengan akademi Liverpool pada level U-17. Dia bermain di level lebih tinggi dari usianya. Woodburn melakoni debut level U-18 pada 2015/2016 ketika usianya masih 15 tahun  dan menuntaskan kampanyenya sebagai  top scorer. Tahun ini, dia mulai bermain reguler bersama Liverpool U-23 dengan memborong lima gol dalam 10 pertandingan. Dia juga menjadi kapten Timnas Wales U-17 dan kemungkinan akan naik jenjang ke U-21.

Bagaimana tipe permainannya?

Seperti halnya dia mantan striker Liverpool, Michael Owen dan Robbie Fowler, Woodburn mempunyai perawakan mungil. Dia lebih mengandalkan pergerakan dan penyelesaian akhir ketimbang kekuatan fisik. Dia punya first touch yang bagus, keseimbangannya sempurna, dan tidak egois di kotak penalti. Dia terbiasa memberi umpan rekan setimnya ketimbang menembak bola sendiri. Meski demikian, rekor mencetak golnya impresif di level usianya.

Apa yang dikatakan orang-orang tentangnya?

Jurgen Klopp sangat terkesan dengan penampilan Woodburn saat timnya mengalahkan Leeds. "Dia berkembang sangat cepat dibandingkan pemain lain dengan skill yang dimilikinya. Ini benar-benar cerita menyenangkan. Semua orang bahagia karenanya dan tertawa lebar pada raut wajahnya," ujar Klopp. Pemain Liverpool, Lucas Leiva dan mantan bek The Reds, Jamie Carragher, juga menyanjung pemain berusia 17 tahun itu.

Bagaimana masa depannya di Liverpool?

Woodburn berpotensi menembus skuat utama Liverpool saat terjadi krisis karena badai cedera pemain. Divock Origi butuh cadangan setelah Klopp kehilangan sejumlah pemain ofensif karena cedera, Philippe Coutinho, Daniel Sturridge, dan Adam Lallana. Dia kemungkinan akan dimainkan lagi pada babak berikutnya di Piala Liga pada Januari nanti, mengingat Liverpool menghadapi jadwal padat selama pergantian tahun.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom