SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi

Data terbaru yang dirilis oleh International Data Corporation (IDC) pada awal pekan ini mengenai lima besar vendor yang sukses meraup keuntungan di pasaran ponsel berhasil mencengangkan banyak pihak. Inilah 5 vendor:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Samsung tetap menjaga posisinya sebagai raja dalam pasaran smartphone dengan tingkat penjualan dua kali lebih banyak dibanding pesaingnya, Apple. Keberhasilan Samsung meraup pasaran ponsel banyak dipengaruhi oleh munculnya Android serta produk andalannya yakni Galaxy SIII. Selain itu, perusahaan ini juga mulai mengenalkan model ponsel kelas menengah meliputi Windows Phone dan ATIV S.

 

Apple banyak diuntungkan dari keberadaan Iphone 5 untuk mempertahankan posisinya yang sekarang. Cara penjualannya yang agresif ditengarai berhasil membuat Apple “membuang” lebih dari lima juta produknya  pada pekan pertama penjualan. Komplain mengenai aplikasi petanya yang belum siap digunakan tidak begitu memengaruhi tingkat penjualan. Layar yang besar hingga koneksi 4G LTE mampu menutup kekurangan yang ada. Namun demikian yang patut menjadi perhatian adalah kelanjutan penjualan Iphone 5 pada musim liburan mendatang di mana Iphone 5 tersedia di berbagai belahan dunia. Mampukah Apple bertahan?

 

Research In Motion lebih banyak mengandalkan produk lamanya untuk duduk di lima besar. Hal ini terlihat dari tingkat penjualannya akhir-akhir ini yang cenderung datar bahkan cenderung menurun. Posisi RIM masih sangat tak aman apabila pada musim liburan mendatang belum ada model yang terbaru atau BB10 pada awal kuartal tahun depan tidak sesuai dengan ekspektasi. Ada kemungkinan posisi RIM bakal digantikan vendor lain.

 

ZTE berhasil memantapkan posisinya sebagai salah satu vendor besar karena adanya diversifikasi berbagai model smartphone di tingkat global. Yang menjadi andalan ZTE tentu saja produk-produknya yang menyasar kelas bawah dengan harga murah. Walau dalam penjualan sangat tergantung kepada pasar China, akhir-akhir ini ZTE berhasil maju di pasaran Amerika Utara.

 

HTC berhasil duduk di lima besar karena kesuksesan penjualan HTC One X dan EVO 4G. Kemunduran yang dialami vendor Amerika berhasil ditangkap HTC ditambah dengan peningkatan penjualan di Asia Pasifik. Perusahaan ini berharap bisa meraih keuntungan global dengan mengenalkan model 8X dan 8S-nya yang didukung Microsoft  Windows 8.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya