Inilah 5 Tim di Inggris dengan Skuat Termahal, Siapa Nomor 1?
Trofi Liga Inggris. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Liga Inggris memang sudah menjadi lahan bisnis dengan perputaran uang yang tak sedikit. Sejumlah klub rela menggelontorkan uang triliunan rupiah hanya demi membeli satu pemain dari klub lain.

Para pemain di skuat tim-tim Liga Inggris pun memiliki nilai pasar yang tak murah, ada yang melebihi angka Rp2 triliun. Dihimpun dari data Transfer Markt yang dikutip Solopos.com, Rabu (23/1/2019), berikut daftar lima tim yang memiliki skuat termahal di Liga Inggris:

5. Manchester United
Manchester United. (Reuters-Eddie Keogh)
Di urutan kelima, ada Manchester United. Tim yang kini bercokol di peringkat keenam klasemen sementara Liga Inggris musim 2018-2019 itu ditaksir memiliki pemain dengan nilai transfer mencapai 697,5 juta Pound Sterling atau sekitar Rp12,73 triliun.

Di skuat Setan Merah, Romelu Lukaku menjadi pemain dengan nilai transfer termahal. Jasa Romelu Lukaku bernilai 76,5 juta Pound Sterling atau setara dengan Rp1,39 triliun.

4. Tottenham Hotspur
Tottenham Hotspur. (Reuters-Toby Melville)
Di atas Manchester United, ada tim asal London Utara, Tottenham Hotspur. Tim berjuluk The Lilywhite itu memiliki pemain yang diperkirakan bernilai 743,85 juta Pound Sterling atau setara dengan Rp13,58 triliun.

Sang striker, Harry Kane, menjadi pemain termahal di tubuh Tottenham Hotspur. Transfer Markt membanderol Harry Kane senilai 135 juta Pound Sterling atau sekitar Rp2,46 triliun.

3. Chelsea
Chelsea. (Reuters-John Sibley)
Chelsea, tim yang dikenal jor-joran dalam pembelian pemain, menempati peringkat ketiga soal harga skuat yang dimiliki. Seluruh pemain di tim inti Chelsea kini dihargai 816,53 juta Pound Sterling atau 14,9 triliun.

Tak lain lagi, Eden Hazard merupakan pemain dengan harga termahal di skuat The Blues. Ia memiliki nilai transfer yang sama dengan Harry Kane, yaitu 135 juta Pound Sterling atau Rp2,46 triliun.

2. Liverpool
Liverpool. (Reuters-Phil Noble)
Dalam beberapa musim terakhir, Jurgen Klopp tak ragu membeli beberapa pemain mahal demi meraih trofi bersama The Reds. Terbukti, kini Liverpool menjadi tim nomor dua dengan skuat termahal di Liga Inggris.

Para pemain The Reds dihargai 833,85 juta Pound Sterling atau Rp15,22 triliun. Mohamed Salah sudah tentu menjadi pemain termahal dengan harga yang sama jika dibandingkan dengan Harry Kane dan Eden Hazard, yaitu 135 juta Pound Sterling atau Rp2,46 triliun.

1. Manchester City
Manchester City. (Reuters-Carl Recine)
Sudah bisa ditebak, tim dengan skuat termahal di Liga Inggris adalah klub kaya raya yang bermarkas di Manchester, yaitu Manchester City. Skuat besutan Pep Guardiola itu kini dihargai 1,1 miliar Pound Sterling atau sekitar Rp20,2 triliun.

Bukan Sergio Aguero, Raheem Sterling, atau Gabriel Jesus, tapi Transfer Markt mencatat Kevin De Bruyne sebagai pemain termahal di Manchester City. Ya, sama dengan Mohamed Salah, Eden Hazard, dan Harry Kane, De Bruyne dihargai 135 juta Pound Sterling atau Rp2,4 triliun.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom