Kategori: Teknologi

Inilah 5 Orang Paling Kerap Dibicarakan di Internet


Solopos.com/Septina Arifiani/JIBI/Solopos

Solopos.com, SOLO — Survei yang dilakukan Global Language Monitor mengungkapkan Paus Fransiskus merupakan orang yang menduduki tempat teratas sebagai orang yang paling kerap dibicarakan di Internet pada tahun 2013 ini. Sosok Paus Fransiskus, menurut penelitian Global Language Monitor itu dapat membuat orang-orang dari seluruh belahan dunia memperhatikannya karena beberapa pernyataanya yang terbilang cukup berani.

Lalu siapakan 4 orang-orang paling kerap dipergunjingkan di Internet pada tahun ini? Inilah daftar 5 orang yang sering dibicarakan di dunia maya berdasarkan survei yang dilakukan oleh Global Language Monitor sebagaimana dilansir Huffingtonpost, Selasa (12/11/2013).

Diawali dengan Paus Fransiskus...

Paus Fransiskus

Paus Fransiskus (JIBI/Solopos/Kabar24)

Jorge Mario Bergoglio atau Paus Fransiskus merupakan pemimpin tertinggi umat Katolik. Ia dinobatkan sebagai Paus pada 13 Maret 2013 lalu.  Paus Francis dikenal sebagai sosok yang konservatif. Beberapa pandangannya mencakup penentangan atas praktik aborsi dan homoseksual.

Meskipun ia menyatakan menghormati gay dan lesbian sebagai individu, ia sangat menentang keras undang-undang yang dirilis pada 2010 di Argentina yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Paus Fransiskus juga dikenal sebagai sosok yang sangat memiliki kepedulian sosial, termasuk mengkritik masalah perbedaan kelas sosial kaya dan miskin.

Pembocor informasi AS di urutan ke-2

Edward Snowden

Edward Snowden (JIBI/Solopos/Reuters)

Snowden merupakan karyawan National Security Agency (NSA). Ia diketahui telah membocorkan informasi yang sangat rahasia seputar program NSA kepada media massa Inggris dan Amerika Serikat The Guardian dan The Washington Post, Juni 2013 lalu.

Snowden mengatakan bahwa aksi nekatnya ini bertujuan untuk mengungkapkan apa yang ia yakini sebagai tindakan berlebihan oleh pemerintah untuk memantau segala aktivitas warga Amerika Serikat.

Ibunda Royal Baby di urutan ke-3

 

Kate Middleton

Kate Middleton dan Pangeran William tampil kali pertama bersama bayi mereka di luar Lindo Wing, Rumah Sakit St Mary, London barat, Selasa (23/7/2013) waktu setempat. JIBI/Solopos/Reuters/Andrew Winning

Duchess of Cambridge Catherine Elizabeth Middleton atau akrab juga dengan sapaan Kate Middleton berada di urutan ke-3, manusia paling kerap dibicarakan di dunia maya, Internet. Kate adalah istri yang dinikahi pangeran William dari kerajaan Inggris di Westminster Abbey pada 29 April 2011 lalu.

Kate selama ini kerap menjadi pusat perhatian dunia karena selera fashion-nya yang bagus. Itu pula pasalnya, namanya kerap tercantum sebagai daftar orang berpakaian terbaik dunia.

Pada tahun ini, tepatnya 22 Juli 2013, Kate melahirkan bayi pertamanya di Rumah Sakit St Mary, London barat. Bayi Kate berjenis kelamin laki-laki dengan berat 3,8 kilogram itu kondang dengan sebutan The Royal Baby.

Senator AS di urutan ke-4

 

Ted Cruz

Senator Ted Cruz (cruz.senate.gov)

Rafael Edward Cruz atau yang akrab disapa Ted Cruz berada pada urutan ke-4 orang paling kerap dibicarakan di dunia maya, Internet. Ted adalah senator Amerika Serikat (AS) yang berasal dari negara bagian Texas. Ia mewakili negara bagian itu sejak tahun 2013.

Ia berkecimpung di Partai Republik, setelah sempat ditunjuk oleh Jaksa Agung Texas Greg Abott ia sebagai jaksa negara di Texas dari tahun 2003 hingga Mei 2008. Cruz yang lahir 22 Desember 1970 itu juga pernah dinobatkan sebagai jaksa negara termuda di Amerika Serikat sekaligus memiliki masa jabatan terpanjang dalam sejarah Texas.

Gubernur New Jersey di urutan ke-5

 

Chris Christie

Chris Christie (businessinsider.com)

Christie merupakan gubernur ke-55 New Jersey dan anggota terkemukan dari Partai Republik di Amerika Serikat. Sebelumnya Ia  adalah jaksa untuk New Jersey periode 2002-2008. Dalam posisi itu , ia menekankan penuntutan korupsi politik, dan juga memperoleh keyakinan untuk perbudakan seksual , perdagangan senjata , dan pemerasan oleh geng.

Jika ditilik dari 5 besar manusia paling kerap dibicarakan di Internet itu, tampak jelas betapa dominannya pengakses Amerika Serikat sebagai penguasa lalu lintas dunia maya itu. Bahkan Presiden AS Barack Hassan Obama pun masuk di urutan ke-8. Selain tokoh-tokoh berpengaruh dari AS dan Inggris itu, tiga tokoh tersering disebut di Internet pada posisi 9 besar, diisi oleh orang Asia dan Afrika. Mereka adalah Malla Yousafzai, Xi Jinping  dan Hassan Rouhani.

Share