SOLOPOS.COM - Menteri Keuangan sekaligus Ketua Panitia Seleksi Pemilihan Calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sri Mulyani dan anggota Pansel OJK diterima Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/3/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Puspa Perwitasari)

Sebanyak 21 nama calon anggota Dewan Komisioner OJK diserahkan ke Presiden Jokowi.

Solopos.com, JAKARTA — Panitia seleksi (Pansel) Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) menyerahkan 21 nama dari 30 nama yang lolos mengikuti seleksi wawancara kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Senin (13/3/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang sekaligus menjabat sebagai ketua pansel mengatakan 21 sosok itu berasal dari Bank Indonesia (5), OJK (5), Industri (5), Kemenkeu (3), Akademisi (2), pemerintah nonKemenkeu (1). “Dari 21 nama ini, nantinya Presiden memilih 14 nama untuk dibawa ke DPR,” ujarnya dalam konferensi pers.

Berikutnya, Presiden akan memilih 14 nama untuk diajukan kepada Parlemen untuk menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) sehingga mengerucut menjadi 7 nama yang akan menahkodai OJK. Sri Mulyani mengungkapkan 21 nama tersebut merupakan kandidat yang dinilai terbaik dari 30 nama yang mengikuti tahap wawancara.

Dia pun menyatakan Pansel telah meminta masukan kepada semua otoritas, seperti PPATK dan KPK, untuk melihat rekam jejak 21 kandidat.
“Iya, klir [berdasarkan masukan KPK dan PPATK]. Insya Allah [siapapun yang dipilih Presiden] dari sisi integritas bisa terjadi,” kata Sri Mulyani.

Berikut 21 nama calon Dewan Komisioner OJK:

Calon Ketua merangkap anggota
1. Sigit Pramono
2. Wimboh Santoso
3. Zulkifli Zaini

Calon Wakil Ketua sebagai Ketua Komite Etik
1. Riswinandi
2. Agus Santoso
3. Etty Retno Wulandari

Calon Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap Anggota
1. Heru Kristiyana
2. Agusman
3. Dwityapoetra Soeyasa Besar

Calon Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya merangkap Anggota
1. Edy Setiadi
2. Hoesen
3. Adi Budiarso

Calon Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap Anggota
1. Nurhaida
2. Arif Baharudin
3. Freddy Saragih

Calon Ketua Dewan Audit merangkap Anggota
1. Haryono Umar
2. Ahmad Hidayat
3. Maliki Heru Santosa

Calon Anggota yang membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen
1. Tirta Segara
2. Firmanzah
3. Yohanes Santoso Wibowo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya