Inilah 10 Miliuner Terkaya Indonesia Versi Forbes
Ilustrasi (Dok/JIBI)

Solopos.com, SOLO – Majalah bisnis berskala internasional Forbes, Senin (3/3/2014), melansir daftar teranyar orang-orang terkaya di Planet Bumi pada 2014. Ini adalah kali ke-28 Forbes memuat publikasi tahunan Forbes Billionaires. Sebanyak 1.645 orang masuk dalam daftar itu, termasuk 268 pendatang baru.

Amerika Serikat masih mendominasi daftar itu dengan pemilik Microsoft Bill Gates sebagai juaranya, dan pemilik Facebook Mark Zuckerberg sebagai “pemenang terbesar”. Indonesia mencatatkan 19 nama dalam daftar itu dengan bos PT Djarum Robert Budi Hartono yang menempati urutan ke-173 sebagai orang terkaya di Indonesia. Kakaknya, Michael Bambang Hartono, di urutan ke-184 adalah runner up orang terkaya Indonesia.

Sedikit berbeda dengan pemeringkatan Majalah Globe Asia yang 2012 lalu menempatkan bos Sinar Mas Group Eka Tjipta Widjaja, 90, sebagai orang terkaya di Indonesia, Forbes Billionaires kali tak menyebut nama taipan gaek itu. Padahal 2 Desember2013 lalu,Forbes Asia masih menyebutnya sebagairunner up orang terkaya Indonesia setelah duo Budi Hartono dan Michael Hartono. Taksiran kekayaan Eka Tjipta dan keluarganya oleh Forbes Asia kala itu mencapai US$7 miliar atau setara dengan Rp81 triliun.

Forbes Billionaires juga tak menyebut nama putra mahkota Salim Group Anthoni Salim, 65, dan keluarga yang dalam Indonesia’s 50 Richest versiForbes Asia edisi2 Desember2013 ditaksir memiliki kekayaanUS$6,3 miliar atau sekitar Rp72 triliun. Nama bos Gudang Garam Susilo Wonowidjojo dan keluarga yang dalam Indonesia’s 50 Richest versiForbes Asia edisi2 Desember2013ditaksir memiliki kekayaan US$5,3 miliar atau setara dengan Rp61 triliun.

Setelah duo Budi dan Michael Hartono, Forbes edisi maret 2014 dalam daftar Forbes Billionaires tiba-tiba mencantumkan nama bos CT Corp Chairul Tanjung di urutan ke-375 dunia atau ke-3 Indonesia. Dengan mengaikan ketidaksinkronan daftar itu dengan Indonesia’s 50 Richest versiForbes Asia edisi2 Desember2013 lalu,berikut ini 10 nama orang terkaya versi Forbes teraktual yang ditilik Solopos.com, Rabu (5/3/2014).

 

Diawali dari bos Djarum...

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho