SOLOPOS.COM - Ilustrasi/life123.com

Ilustrasi/life123.com

JAKARTA–Karena serangan virus atau bug lalu bingung memulihkan file-file itu, pengguna komputer seringkali tidak sengaja menghapus file-file yang mereka simpan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anda tidak perlu panik. Pasalnya, ada kemungkinan file-file itu masih ada dan utuh di suatu tempat di cakram (data). Jika Anda bertindak cepat dan tepat, Anda mungkin dapat memperoleh kembali file-file itu tentunya dengan bantuan beberapa aplikasi.

Berikut 10 aplikasi pemulih file-file yang telah terhapus di hard-disk:

1. Recuva Free

Aplikasi ini tersedia dalam versiportable. Aplikasi itu akan bertanya jenis file apa yang dicari dan di mana harus dicari sebelum memindai sistem komputer secara menyeluruh.

2. Undelete 360

Aplikasi gratis ini tidak mempunyai sejumlah fitur bermanfaat seperti penyaring file, penampil file, dan lainnya. Tapi, Undelete 360 tidak membatasi jumlah file yang dapat dipulihkan.

3. MiniTool Partition Recovery

Aplikasi pemulih file biasa mungkin cocok untuk memulihkan sejumlah file, tapi jika pengguna kehilangan seluruh partisihard-disk, MiniTool Partition Recovery dapat menjadi alat berguna.

4. Wise Data Recovery

Pengguna yang lebih memilih aplikasi sederhana untuk memulihkan file-file terhapus dapat memanfaatkan aplikasi ini. Tapi, Wise Data Recovery tidak dapat menjangkau tipe file berbasis FAT selain pemulihan data di penyimpanan USB.

5. PhotoRec

Aplikasi gratis ini dapat beroperasi hampir di seluruh sistem komputer seperti DOS, Windows, Linux, serta OS X. PhotoRec juga dapat memulihkan lebih dari 200 jenis file. Sayang, aplikasi ini memiliki tampilan pengguna antar-muka berbasis DOS yang kurang menarik.

6. FreeUndelete

Meski gratis untuk penggunaan pribadi, aplikasi ini termasuk lambat dan tidak mampu memulihkan file di penyimpanan FAT. Tapi, FreeUndelete sangat berjalan baik di penyimpanan berbasis NTFS dengan menampilkan file-file yang telah terhapus.

7. Paragon Rescue Kit Free

Kemampuan utama aplikasi ini yaitu mampu memulihkan file-file yang bahkan telah terhapus sama sekali dan komputer tak mampu menyala (boot).

8. Glary Undelete

Aplikasi ini mampu memulihkan file-file terhapus di hard-disk FAT dan NTFS. Pengguna juga dapat menyaring file itu berdasarkan nama atau folder.

9. Pandora Recovery

Aplikasi ini bukan hanya memindai file-file yang terhapus dan menampilkan dalam daftar, melainkan juga menampilkan dalam format menyerupai Explorer yang memudahkan pengguna.

10. PC Inspector File Recovery

Sebagaimana aplikasi-aplikasi sebelumnya, PC Inspector File Recovery mampu memulihkan file-file dari hard-disk FAT dan NTFS serta menampilkannya berdasarkan folder. Walaupun dapat menampilkan file teks, aplikasi ini tidak dapat menampilkan file berformat JPEG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya