Tutup Iklan

Inil Bacaan Doa Saat Ziarah Kubur dan Tata Caranya

Inilah doa yang dipanjatkan ketika berziarah kubur lengkap dengan arti dan tata caranya.

 Putri keempat almarhum Presiden Abdurrahman Wahid, Inayah Wahid, menabur bunga ketika berziarah ke makam Gus Dur di Kompleks Pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Selasa (4/8/2015). (Antara-Zabur Karuru)

SOLOPOS.COM - Putri keempat almarhum Presiden Abdurrahman Wahid, Inayah Wahid, menabur bunga ketika berziarah ke makam Gus Dur di Kompleks Pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Selasa (4/8/2015). (Antara-Zabur Karuru)

Solopos.com, SOLO — Ziarah kubur atau mendatangi kuburan menjadi tradisi dan turun temurun sejak nenek moyang. Ziarah kubur biasanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu seperti hari Kamis setelah waktu Ashar atau hari Jumat yang mulia dan terdapat doa khusus yang dibaca peziarah.

Masyarakat Indonesia juga sering berziarah menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri untuk mendoakan keluarganya yang telah tiada. Selain mendoakan orang yang sudah meninggal, ziarah juga menjadi pengingat akan datangnya kematian sehingga memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Baca Juga: Unik! Lukisan Pria ini Tampak Ciamik Saat Disorot Sinar Negatif

Ziarah kubur menjadi kegiatan yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Apalagi dengan adanya wisata religi ke makam para wali, habib, atau kyai menjadikan ziarah melekat di kehidupan sehari-hari. Bahkan tidak sedikit yang menjadikan ziarah kubur ke makam orang saleh untuk memanjatkan doa sebagai kegiatan rutin di kelompok pengajian.

Tata Cara Ziarah Kubur

– Berwudu
– Mengucapkan salam kepada ahli kubur
– Mengirimkan doa untuk almarhum
– Melafalkan ayat-ayat pendek Al-Qur’an
– Tidak menduduki atau menginjak bagian atas kuburan
– Menjaga adab dan jangan berbuat yang berlebihan

Baca Juga: Disebut Manusia Chip, Perempuan Ini Bisa Buka Lemari Tanpa Menyentuh

Bacaan Doa Ziarah Kubur dan artinya

Selain membaca surah Al-Fatihah untuk orang yang meninggal, juga membaca bacaan doa saat ziarah kubur yang dikutip Solopos.com dari berbagai sumber sebagai berikut:

A’udzubillahi minasyaithoonir rojim. Bismillahirrohmannirrohim. Alhamdullilahi robbil ‘alamin, hamdan syakiriin, hamdannaa’imiin, hamdan yuwaafiini’amahu wayukaafii mazidah, yaa robbanaa lakal hamdu kamaa yanbaghi lijalali wajhika wa’adzimi sultonik, allohumma shoolli wasalim ‘ala sayyidina muhammad wa’ala alii sayyidina muhammad.

Alloh humma taqobal wa ausil sawaaaba maa qoro, nahu minal qur’anil ‘adzim, wa maa halalna wa maa sabahna wamastaghfarnaa wamaa sholaina ‘atsayyidina muhammad sollallohu’alaihi wasallam, hadiyatan wasilatan, warohmatan najilatan wa barokatan samilatan ilaa hadoroti habibina wasafi’ina waquroti a’ayuninaa sayyidina wamaulanaa muhammadin sollallohu ‘alaihi wa sallam, wa ila jami’ii ikhwanihi minal anbiyaai walmursaliina wal auliyaai, wassuhadai, wassolihina, wassohabati wattabi’ina wal’ulamail ‘alimina wal mushonnafiinal mukhlisiina wa jami’il mujaa-hidiina fi sabilillahi robbil ‘alaminn, wal malaikatil muqorrobina khusushan ila sayyidina syaih abdul qodir zailanii.

Summa ilaa jami’i ahlil qubur, minal muslimiina wal muslimati, wal mu miniina wal mu minaati, min masaarikil ardhi ila magooribiha barriha wabahriha khusushan ila aabaaina wa ummahaa tiinaa, wa ajdaadina, wanakhussu khusushan manijtam’anaa hahunaa bisababihi waliajlihi.

Alloh hummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu anhu wa akrim nujulahu wawasi’ madholahu, waghsilhu bilmai wassalji wal barodi wanaqihi minal khotooya, kama yunaqqo saubul abyadu minaddannasi wa abdilhu, darron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wa jaujan khoiron min jauzihi wa adhilhul jannata wa ‘aidhu min ‘adzabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzabinnar, allohhumaghfir lihayyina wa mayyitina wa sahhidiina wa ghoniina washogiirona wa kaabirona wadakirona wa ansana, allohumma man ahyaitahu minna fa ahyihi ‘alal islami wa man tawafaitahu minna fatawafahu alal iiman allohumma la tuhrimna azrohu wa laa tudillanaa ba’dahu birohmatikayaa arhamarroohimiin, wal hamdu lillahi robbil ‘aalamiin.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah penguasa alam semesta, sebagaimana orang-orang yang bersyukur dan orang-orang yang mendapat banyak kenikmatan memuji-Nya. Dengan pujian yang sepadan dan nikmat-Nya dan memungkinkan pertambahannya. Wahai Tuhan kami, pujian hanyalah untuk-Mu, sebagaimana yang layak akan kemuliaan Dzat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu. Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada Nabi Muhammad junjungan kami dan kepada keluarga beliau.

Ya Allah, terimalah dan sampaikanlah pahala Alquran yang kami baca, tahlil kami, tasbih kami, istighfar kami dan shalawat kami kepada Nabi Muhammad SAW sebagai hadiah yang menjadi penyambung, sebagai rahmat yang turun dan sebagai berkah yang menyebar kepada kekasih kami, penolong kami dan buah hati kami, pemuka dan pemimpin kami, yaitu Nabi Muhammad SAW, juga kepada seluruh kawan-kawan beliau dari kalangan para Nabi dan Rasul, para wali, para syuhada’, orang-orang shalih, para sahabat, para tabi’in, para ulama yang mengamalkan ilmunya, para pengarang yang ikhlas dan orang-orang yang berjihad di jalan Allah Tuhan semesta alam, serta para malaikat yang selalu beribadah, khususnya ditujukan kepada Syekh Abdul Qadir Jailani.

Kemudian kepada seluruh penghuni kubur dari kalangan orang-orang Islam laki-laki dan perempuan, orang mukmin laki-laki dan perempuan, dari belahan bumi timur dan barat, di laut dan di darat, terutama kepada bapak-bapak dan ibu-ibu kami, kakek dan nenek kami, lebih utamakan lagi kepada orang yang menyebabkan kami berkumpul di sini.

Wahai Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami (istri) yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka.

Wahai Allah berikanlah ampun, kami yang masih hidup dan kami yang telah meninggal dunia, kami yang hadir, kami yang ghoib, kami yang kecil-kecil kami yang dewasa, kami yang pria maupun wanita. Wahai Allah, siapapun yang Engkau hidupkan dari kami, maka hidupkanlah dalam keadaan iman. Wahai Allah janganlah Engkau menghalangi kami, akan pahala beramal kepadanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggal dia dengan mendapat rahmat-Mu wahai Tuhan lebih belas kasihan. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam,”.


Berita Terkait

Berita Terkini

Spermisida Jadi Metode Kontrasepsi, Kenali Efek Sampingnya

Namun seperti metode kontrasepsi lainnya, spermisida juga memiliki efek samping dan masih ada kemungkinan bagi penggunanya untuk hamil.

Viral! Pria Ini Curi Kutang di Jemuran, Dicium Dulu Baru Diambil

Seorang pria diketahui maling kutang milik warga yang dijemur di depan rumah dan direkam salah seorang warga.

Lakukan Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Ini Agar Anak Lebih Pulas

Ada sejumlah kebiasaan baik yang bisa diterapkan sebelum anak tidur, apa saja?

Keberadaan Arwah Gentayangan Menurut Islam, Adakah?

Berikut pendapat Islam mengenai cerita arwah gentayangan yang selama beredar di masyarakat.

Viral! Ada Bocah Punya Bulu Lebat di Lengan, Begini Penampakannya

Seorang bocah memiliki keunikan pada lengannya yang tumbuh bulu lebat menjadi perhatian warga sekitar rumahnya dan netizen.

3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Dari sejumlah zodiak yang sering bikin patah hati orang lain ini salah satunya memiliki jiwa petualang dan menyukai kemandirian.

5 Weton Wanita Pemarah dan Pemalas, Salah Satunya Senin Wage

Berdasarkan perhitungan weton dalam Primbon Jawa, kita ternyata dapat menilai sifat pemarah dan pemalas dari seorang wanita.

Doa Agar Menjadi Orang yang Sukses, Jangan Lupa Dibaca ya!

Berikut ini terdapat doa agar menjadi orang yang diberikan kesuksesan menurut ajaran Islam. Jangan lupa dibaca dan diamalkan ya!

Apa Itu Black Friday? Simak Sejarah dan Kisah Kelam di Baliknya

Momentum Black Friday dimanfaatkan setiap hari Jumat sehari setelah perayataan Thanksgiving.

Mengenal Varian B.1.1.529 yang Disebut Memiliki Jumlah Mutasi Tinggi

Varian B.1.1.529 kali pertama terlihat di Botswana, dimana tiga kasus kini telah diurutkan.

Ini Kiat Cepat Pulih Setelah Operasi Caesar Seperti Nagita Slavina

Agar cepat  pulih setelah menjalani operasi caesar berikut empat kiat yang bisa Anda lakukan.

Begini Posisi Tidur Setelah Operasi Caesar Seperti Nagita Slavina

Setelah menjalani operasi caesar seperti Nagita Slavina, ada sejumlah hal perlu diperhatikan salah satunya adalah posisi tidur.

Begini Sifat Orang Dengan Weton Jumat Legi Seperti Anak Raffi Ahmad

Menurut perhitungan Jawa,begini sifat dan ramalan nasib orang terlahir Jumat Legi seperti anak Raffi Ahmad tersebut.

Cara Cegah Kakak Cemburu Pada Adik Baru Seperti Terjadi Pada Rafathar

Untuk mencegah dampak negatif dari munculnya rasa cemburu kakak pada  adik baru ini orang tua sebaiknya perlu melakukan persiapan untuk si kakak sedini mungkin.

4 Fakta dan Sejarah Unik Restoran All You Can Eat, Ada Sejak Abad ke-16

Kegemaran masyarakat akan restoran AYCE membuat semakin banyak pelaku usaha mengadopsi konsep ini dengan keunikan masing-masing.

5 Rekomendasi Smart TV, Hiburan Terbaik di Dalam Rumah

Meski tidak senikmat menonton di bioskop, streaming film di rumah akan lebih asyik lagi jika Anda menontonnya melalui smart TV.