Ini Yang Perlu Kamu Tahu soal Fengsui Dapur
Dapur basah. (Solopos.com-Dok.)

Solopos.com, JOGJA — Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan jika akan melakukan penataan pada dapur berdasarkan ilmu fengsui. Mendesain dapur sesuai fengsui dipercaya bisa mendatangkan rezeki bagi penghuni rumah.

Saat mendesain dapur secara fengsui, elemen kayu, air, api, tanah, dan logam harus diperhitungkan. Ini antara lain yang perlu diketahui tentang fengsui dapur:?

Benda Ini Kata Fengsui Buka Keberuntungan

1. Pisahkan Kompor dan Bak Cuci Piring

Saat menerapkan fengsui dapur, harus ada pemisahan elemen air dan elemen api. Kedua elemen ini mesti dipisahkan.  Elemen api adalah kompor, sedangkan elemen air adalah bak cuci piring dan juga lemari es atau kulkas.

Posisi kompor, lemari es, dan bak cuci piring yang benar membentuk segitiga dan tidak bersebelahan.  Jika tidak bisa membuat ketiganya dalam posisi tersebut, pisahkan dengan sesuatu agar berjarak. Tujuan dari fengsui dapur ini adalah menempatkan elemen api dan air terpisah agar menghindari perselisihan antar penghuni rumah.

Jika para anggota keluarga hidup rukun maka rezeki atau kekayaan bisa datang atau dapat diraih.

Tesla Makin Dekat Indonesia, Apa Untungnya

2. Tempatkan Kompor ke Arah Pintu Dapur

Kompor tidak boleh ditempatkan bersebelahan dengan bak cuci piring dan lemari es, serta tidak bisa ditaruh begitu saja. Posisi penempatan kompor yang paling tepat adalah dekat pintu dapur atau mengarah ke pintu masuk dapur.

Saat penghuni rumah masuk ke dapur, posisi kompor bisa terlihat jelas. Jika tidak bisa, dapat menyiasatinya dengan memasang cermin. Secara fengsui dapur, posisi kompor ini baik. Sementara kalau kompor berada di pojok atau menghadap ke dapur, hal ini kurang baik. Jika posisi kompor pada bagian yang kurang baik maka bisa menghalangi energi baik yang akan masuk ke dalamnya.

Kiat Pilih Kantor atau Lokasi Bisnis Sesuai Fengsui

3. Aplikasikan Cat Warna Terang

Fengsui dapur selanjutnya adalah menghadirkan warna terang lewat aplikasi cat warna cerah pada dinding dapur.  Warna cerah ini bisa diaplikasikan pada dinding, kitchen set, kabinet, meja dapur, dinding anti cipratan, dan lainnya.  Jangan ragu untuk menampilkan warna kuning karena warna ini mempunyai energi yang baik untuk kegembiraan dan kesehatan.

Ngeri, Bangunan di Karo Ambles Terbawa Longsor

4. Jangan Tempatkan Dapur di Bawah Kamar Mandi dan Kamar Tidur

Kalau rumah bertingkat dua atau lebih, ada fengsui dapur yang harus diperhatikan dengan baik. Pastikan jika dapur tidak berada di bawah kamar mandi dan kamar mandi, bisa salah satu atau keduanya. Secara fengsui, posisi kamar tidur di bawah dapur memang kurang baik karena elemen api dari dapur.

Elemen api ini bisa mengeluarkan energi negatif bagi mereka yang memiliki kamar tidur di atas dapur. Selain itu, kamar tidur juga sebaiknya tidak bersebelahan dengan dapur karena bisa berdampak pada keharmonisan rumah tangga. Sementara untuk posisi kamar mandi yang berada di atas dapur juga bisa memberikan energi negatif.

Kamar mandi pastinya terkait dengan aktivitas yang kotor atau tidak bersih. Hal ini bisa berdampak kepada ruangan di bawahnya.

Elemen Fengsui dalam Rumah Bisa Datangkan Rezeki

5. Fengsui Dapur Lainnya

Selain itu, ada sejumlah fengsui dapur lainnya yang harus diperhatikan dengan baik seperti pintu dapur tidak berhadapan dengan toilet. Bentuk dapur sebaiknya tidak bulat, lantai dapur sebaiknya sejajar dengan lantai ruang makan, hingga tempat beras harus selalu tertutup dan tidak boleh habis sama sekali.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Harian Jogja/rumah123.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom