Tutup Iklan

Ini yang Pemkab Sragen Lakukan Atasi Covid-19 sehingga Diapresiasi BNPB

Bupati Sragen mengklaim melakukan inovasi luar biasa dalam mempercepat program vaksinasi Covid-19.

 Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati melakukan vaksinasi door to door atau dari rumah ke rumah di wilayah Kecamatan Kedawung, Sragen, Rabu (25/8/2021).

SOLOPOS.COM - Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati melakukan vaksinasi door to door atau dari rumah ke rumah di wilayah Kecamatan Kedawung, Sragen, Rabu (25/8/2021).

Solopos.com, SRAGEN — Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sragen dianggap bagus oleh pemerintah pusat. Hal itu dibuktikan akan diperolehnya Anugerah Tangguh Adhiwarsana untuk kategori Wira Sandya Laksana dari BPNB bersama 29 daerah lain.

Apa yang membuat Sragen bisa mendapatkan penghargaan ini? Setidaknya ada beberapa hal yang sudah dilakukan Pemkab Sragen untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengaku sudah melakuan sejumlah inovasi kesehatan untuk menekan laju penyebaran virus Corona. Testing, tracing, dan treatment (3T) gencar dilakukan seperti daerah lain. Tetapi inovasi dalam vaksinasi, menurut Bupati Yuni, di Sragen luar biasa.

Baca Juga: Sragen Masuk 30 Besar Anugerah Tangguh Adhiwarsana BNPB, Apa Itu?

Saat diwawancarai oleh tim juri penghargaan tersebut secara virtual, Kamis (28/10/2021), Bupati Yuni memamerkan inovasi yang sudah Pemkab lakukan. Ia menyampaikan tenaga kesehatan di Sragen melakukan vaksinasi dengan door to door, vaksinasi malam hari, dan seterusnya.

Bahkan sampai ada semacam stimulus berupa buah tangan kepada setiap warga yang mau vaksin. Dia mengatakan capaian vaksinasi pun sekarang sudah di atas 70%.

“Inovasi lainnya dengan pengadaan oksigen generator dengan kapasitas 500 liter per menit sehingga menghasilkan 120 tabung per hari di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Dalam peningkatan ekonomi, kami berkolaborasi dengan Kodim untuk program pemberian paket sembako bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah,” ujarnya.

Baca Juga: Gugatan Ditolak PTUN, Praja Ajukan Banding Soal Masa Kerja Perdes

Sementara Dandim 0725/Sragen, Letkol (Inf) Anggoro Heri Pratikno, mengatakan telah menyalurkan bantuan tunai pedagang kaki lima dan warung kepada 510 pelaku UMKM di Sragen. Nilai bantuan Rp1,2 juta per UMKM. Bantuan serupa juga dilakukan Polres Sragen dengan menyasar 502 orang pelaku UMKM.

“Data di Kodim dan Polres tersebut sudah tersinkron dengan data di Dinas Sosial,” jelas Sekretaris Dinsos Sragen, dr. Finuril Hidayati, saat ditemui Solopos.com.


Berita Terkait

Espos Plus

Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

+ PLUS Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

Kebanyakan warga salah kaprah dengan menganggap patung penunggang kuda di simpang empat Karanggede Boyolali adalah Pangeran Diponegoro, padahal sosok penunggang kuda itu adalah Raden Tumenggung Prawirodigdoyo.

Berita Terkini

Tim Ekspedisi Digital Ekonomi 2021 Memotret Pertanian di Kopeng

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group memotret digitalisasi pemasaran sektor pertanian di Kecamatan Getasan di kawasan Kopeng, Kabupaten Semarang.

Ekspedisi Digital Ekonomi 2021, Perjalanan Tim ke Salatiga

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group mulai memotret ekspansi layanan digital yang berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi daerah

BI Solo Dorong Sosialisasi Digitalisasi Harus Jalan Terus

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo mengapresiasi Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 yang digagas Solopos Media Group.

Kecelakaan di Kebakkramat Karanganyar: Truk Masuk Parit, Mobil Terbalik

Dua buah kendaraan keluar jalur setelah bersenggolan di Jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan PT Manunggal Adipura, Pulosari, Kebakkramat, Karanganyar, Sabtu (14/12/2021).

PPKM Level 3 di Boyolali Jelang Nataru, Tempat Wisata Wajib Taat Prokes

Pemkab Boyolali akan menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Harga Tanah Gentan Sukoharjo vs Colomadu Karanganyar, Mahalan Mana?

Kira-kira mana yang lebih mahal antara harga tanah di Gentan, Baki, Sukoharjo dengan Colomadu di Karanganyar?

ANBK SD 2021 di Solo Kelar, Begini Evaluasi dari Proktor

Masih adanya 8 SD di Solo yang menumpang pelaksanaan ANBK ke SMP karena keterbatasan prasarana, menjadi perhatian Proktor ANKB SD.

Semua Rumah di Dusun Ginade Wonogiri Hadap ke Selatan, Ini Kata Kades

Ada budaya unik terkait posisi rumah di Dusun Ginadewetan dan Ginadekulon, Desa Tlogoharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri.

Tanah Dikeruk Untuk Proyek Tol, Warga Pedan Klaten Blokir Jalan

Warga Dukuh Blasinan, Desa Kaligawe, Kecamatan Pedan, Klaten, dengan kegiatan pengerukan yang dilakukan tanpa sosialisasi dan memakan sebagian lahan warga.

Kongres ke-41 di Solo, Syarikat Islam Didorong Fokus Ekonomi Halal

Wakil Ketua DPR RI, Rahmat Gobel, menyebut potensi ekonomi halal luar biasa, namun belum banyak dikembangkan. Ia mendorong Syarikat Islam menjadi pelopor ekonomi halal.

Edarkan Sabu-Sabu, 2 Warga Solo dan Boyolali Dikukut Polisi

Satres Narkoba Polresta Solo berhasil menangkap dua pengedar sabu-sabu saat bertransaksi di Pucangsawit, Jebres, Solo. Kedua tersangka masing-masing warga Klego, Boyolali dan Laweyan, Solo.

Gegara Puntung Rokok, Rumah Warga Karangmojo Tasikmadu Ludes Terbakar

Nyaris semua perabotan di rumah Samiyati di Desa Karangmojo, Tasikmadu, Karanganyar, ludes dilalap api yang diduga berasal dari puntung rokok yang membakar kasur.

Harga Cabai Rawit Merah di Sragen Meroket, Tembus Rp57.000/Kg

Musim hujan membuat cabai lebih cepat membusuk. Kondisi ini membuat harganya menjadi naik, seperti yang terjadi di Sragen.

Hadiri Pramuka Berselawat, Ganjar Ketemu Habib Syech di Solo

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menghadiri acara Pramuka Berselawat yang diisi Habib Syech di Kota Solo.

Lowongan Perangkat Desa di Sragen Bertambah Jadi 228 Kursi

Kabag Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Sragen menekankan pentingnya transparansi dan taat aturan dalam menjalankan seleksi perangkat desa agar tak menimbulkan masalah.

Ini Alasan Semua Rumah di Dusun Ginade Wonogiri Menghadap ke Selatan

Semua rumah di Dusun Ginadewetan dan Ginadekulon, Desa Tlogoharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri, menghadap ke selatan.