SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Bila Anda gemar berenang di kolam renang umum, waspadai bahaya bahan-bahan kimia yang dicampur ke dalam air. Bahan-bahan kimia tersebut sangat berbahaya bagi tubuh jika tidak dibersihkan dengan benar. Termasuk rambut yang mungkin sering diabaikan saat membilas tubuh sehabis berenang.

Salah satu bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam air kolam renang adalah klorin. Klorin terkandung dalam kaporit atau kalsium hipoklorit yang dicampur ke air kolam renang sebagai disinfektan alias pembasmi kuman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Times of India, Rabu (21/8/2019), para ahli kimia mengatakan mencuci rambut merupakan hal terbaik yang harus dilakukan setelah berenang. Jika rambut tidak dicuci, bahan kimia dari kolam renang akan mengendap dan membuat kerusakan pada rambut.

Tetapi jika Anda tidak ingin menggunakan sampo setiap saat, membilas rambut dengan air mengalir yang bersih sangat dianjurkan. Jika tidak, bahan kimia dari kolam renang hanya akan membuat rambut kering.

Keramas bukan hal baik dilakukan setiap hari karena rambut akan mulai kehilangan kelembapan. Jadi, belilah sampo yang khusus menghilangkan klorin, membersihkan kulit kepala, dan rambut.

Jika Anda ternyata melakukan aktivitas berenang dan harus mencuci rambut setiap hari, pikirkan cara lain agar rambut selalu lembap dan tidak rusak karena sinar matahari. Anda juga bisa mengganti kondisioner dengan masker rambut yang kaya akan nutrisi dan vitamin.

Membiarkan rambut mengering secara alami akan menjaga kesehatannya. Jangan sampai rambut terpapar panas terlalu tinggi karena dikeringkan dengan hair dryer. Rutin menggunakan semprotan rambut juga dapat menutrisi rambut. Anda juga dapat menggunakan krim rambut sebelum berenang untuk menjaga rambut tetap terlindungi. (Enggar Thia Cahyani/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya