Ini yang Dilakukan PLN untuk Memudahkan Pelanggan selama Pandemi

PLN telah mengembangkan berbagai inovasi untuk mendekatkan jarak dengan pelanggan, salah satunya dengan aplikasi PLN Mobile.

  Sosialisasi Pelayanan PLN pada Masa Pandemi Covid-19 yang digelar oleh Lembaga Peduli Pelayanan Publik (LPPP), Rabu (22/9/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Sosialisasi Pelayanan PLN pada Masa Pandemi Covid-19 yang digelar oleh Lembaga Peduli Pelayanan Publik (LPPP), Rabu (22/9/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — PLN berkomitmen memberikan pelayanan kelistrikan terbaik kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Hal itu dilakukan sebagai upaya peningkatan kembali perekonomian.

Komitmen tersebut disampaikan General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng & D.I. Yogyakarta M. Irwansyah Putra pada acara Sosialisasi Pelayanan PLN pada Masa Pandemi Covid-19 yang digelar oleh Lembaga Peduli Pelayanan Publik (LPPP), Rabu (22/9/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan secara daring tersebut diikuti sebanyak 132 orang dari berbagai kalangan seperti masyarakat umum, tokoh masyarakat, akademisi, LSM, dan pers.

“Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun tidak hanya memberikan pengaruh secara ekonomi, tetapi juga mengubah kebiasaan hidup masyarakat ke arah digital, ini pun membuka babak baru pelayanan PLN kepada masyarakat yang dituntut tetap berjalan secara optimal,” ujar Irwansyah dalam sambutannya.

Baca Juga: Amankan Sertifikasi Aset Tanah, PLN Gandeng KPK dan BPN

PLN telah mengembangkan berbagai inovasi untuk mendekatkan jarak dengan pelanggan, salah satunya dengan aplikasi PLN Mobile. Dengan aplikasi ini segala hal yang berkaitan dengan kelistrikan bisa diselesaikan dengan usapan jari di layar telepon pintar, baik itu layanan pengaduan gangguan, pasang baru, perubahan daya, maupun layanan lainnya.

“Selain itu, PLN juga telah melakukan vaksinasi terhadap pegawai dan tenaga alih daya sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat tetap berjalan optimal sesuai protokol kesehatan yang diinstruksikan pemerintah,” tambahnya.

Acara sosialisasi ini turut dihadiri oleh Kepala Biro Organisasi Setda Jawa Tengah Ihwan Sudrajat mewakili Wakil Gubernur Jawa Tengah; anggota Ombudsman RI, Hery Susanto; Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko; Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Siti Farida; Kepala Prodi Magister Hukum Universitas Semarang, Moh. Junaidi; dan Koordinator LPPP Husnul Mudhom.

Kepala Biro Organisasi Setda Jawa Tengah menambahkan pandemi juga turut melatarbelakangi hadirnya berbagai stimulus yang digulirkan pemerintah untuk masyarakat melalui BUMN termasuk PLN.

Baca Juga: Ekonomi Menggeliat, PLN Langsung Jalankan 4 Strategi Ini

“Dalam rangka menjaga daya beli khususnya masyarakat lapisan bawah, pemerintah telah menyiapkan beberapa program perlindungan sosial, salah satunya adalah pembebasan rekening listrik 50% untuk pelanggan 450 VA, diskon listrik sebesar 25 untuk pelanggan 900 VA, serta pembebasan biaya abonemen dan ketentuan rekening minimum,” ujar Ihwan.

Stimulus ini merupakan bentuk perlindungan sosial yang diberikan pemerintah kepada masyarakat di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk mengurangi dampak ekonomi yang diakibatkan Covid-19.

Peranan listrik di tengah kehidupan masyarakat kurang mampu ini juga sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan, seperti yang dikatakan oleh Kepala Dinas Provinsi Jateng.

“Dengan hadirnya listrik di kehidupan masyarakat, tentunya dapat membantu peningkatan perekonomian warga. Contohnya dengan hadirnya listrik di rumah masyarakat kurang mampu, mereka bisa mandiri melakukan usaha di rumah seperti menjahit, berjualan. Listrik saat ini juga telah masuk ke sektor pertanian yang bisa menekan biaya produksi yang dikeluarkan,” ungkap Sujarwanto.

Baca Juga: Dukung PON XX Papua, PLN Gelontorkan Rp313 Miliar

Sementara itu Husnul Mudhom selaku Koordinator LPPP mengapresiasi layanan yang diberikan PLN.

“Kami sangat mengapresiasi kepada para narasumber, karena pelayanan publik ini merupakan kepastian hukum jadi harus benar-benar kita perhatikan. PLN sudah banyak kemajuan dari sisi pelayanan terbukti dengan inovasi seperti PLN Mobile, LPPP siap bersinergi dalam menghadirkan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” imbuhnya.

Melalui pertemuan ini diharapkan menjadi masukan bagi PLN untuk dapat mengoptimalkan layanan sehingga dapat meningkatkan kepuasaan pelanggan.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tegas! Jokowi Beri Waktu 2 Tahun Bagi BUMN untuk Berubah

Selain membangun nilai, Presiden Jokowi juga meminta agar para direksi BUMN memiliki kepercayaan diri dalam berusaha.

Airlangga Tegaskan Komitmen Pemerintah Dorong Ekspor Lewat Kebijakan

Surplus perdagangan yang terus terjaga terutama disebabkan karena kinerja komoditas ekspor andalan Indonesia yang terus meningkat.

Hotel di Mandalika Full Booked di Tanggal Event Superbike dan MotoGP

Harga hotel di sekitar Sirkuit Mandalika pun naik dua kali lipat untuk pemesanan di tanggal perhelatan Superbike dan MotoGP.

OJK Terima 19.711 Aduan Soal Pinjol Ilegal, Ada Teror hingga Pelecehan

Sebanyak 52,97 persen (10.411 aduan) di antaranya masuk dalam kategori pelanggaran ringan/sedang, sementara 47,03 persen (9.270) aduan lainnya pelanggaran berat.

3.516 Aplikasi Telah Diblokir, Ini Cara Mengecek Legalitas Pinjol

OJK telah memiliki nota kesepahaman dengan Kepolisian, Kemkominfo, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Bank Indonesia untuk berkolaborasi dalam pemberantasan pinjol ilegal.

Ada Klub Sepak Bola Liga 1 Papan Atas Mau IPO Hlo, Siapa Ya?

PT Satu Global Investama (SGI) tengah merampungkan persiapan calon emiten baru, salah satu klub sepak bola liga 1 ternama di Indonesia untuk dapat melantai di bursa saham.

Lovetober, Cara Hemat Nikmati Ayam Panggang Khas Solo

Ayam panggang khas Solo I Am In Love memberikan promo khusus selama Oktober melalui Lovetober untuk para penggemar ayam panggang.

Simas Covid-19 dan Gamipro, Inovasi Terbaru Asuransi Sinar Mas

PT Asuransi Sinar Mas meluncurkan Simas Covid-19, asuransi yang menyediakan perlindungan khusus biaya perawatan Covid-19.

Produksi Padi Tahun Ini Naik Tipis, 3 Provinsi Paling Potensial

Produksi padi tertinggi pada 2021 terjadi pada Maret, yaitu sebesar 9,67 juta ton GKG, sedangkan produksi terendah terjadi pada bulan Januari, yaitu sebesar 2,08 juta ton GKG.

Utang Tersembunyi Indonesia dari China Rp488 T? Ini Tanggapan Kemenkeu

Lembaga riset Amerika Serikat (AS) AidData mengungkap Indonesia menumpuk utang dari China hingga total senilai USD34,38 miliar, atau setara Rp488,9 triliun.

Wow, Neraca Perdagangan RI Surplus 17 Bulan Beruntun!

Komoditas nonmigas penyumbang surplus terbesar adalah bahan bakar mineral, lemak dan minyak hewan nabati, serta besi dan baja.

Presiden Apresiasi Transformasi BUMN, Begini Respons Erick Thohir

Transformasi yang dijalankan Kementerian BUMN agar perusahaan-perusahaan BUMN makin profesional, transparan, dan akuntabel mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo.

Milenial dan Gen Z Paling Banyak Memanfaatkan Subsidi Rumah

Milenial menjadi kelompok yang paling banyak memanfaatkan subsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Beroperasi Agustus 2022, LRT Jabodebek Melaju Tanpa Masinis

Sebelum beroperasi, LRT Jabodebek kereta tanpa masinis terlebih dahulu harus menjalani pengujian di lapangan.

Listrik PLN Dongkrak Produktivitas Kebun Melon Hidroponik Petani Blora

Peresmian penyambungan listrik daya 5.500 VA yang mensuplai kebutuhan listrik kebun melon dengan sistem hidroponik tersebut diselenggarakan Rabu (13/10/2021).

Aplikasi PLN Mobile Punya Banyak Fitur Baru, Bisa Beli Token Rp5.000

Kali ini PLN menghadirkan Major Launch atau Grand Launching PLN Mobile, dengan sejumlah fitur canggih baru untuk kemudahan layanan bagi pelanggan.