SOLOPOS.COM - Kawasan Wisata Watu Cenik di Dusun Prampelan, Desa Sendang, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri. Foto diambil Jumat (18/6/2021). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Di Wonogiri terdapat sejumlah objek wisata yang layak dikunjung saat libur Lebaran 2022. Di Wonogiri telah muncul beberapa objek wisata dalam beberapa tahun terakhir.

Deretan objek wisata tak hanya menawarkan Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri dan deretan pantai di bagian selatan. Di luar objek wisata itu, objek wisata di Wonogiri lainnya juga layak dikunjungi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut objek wisata baru di Wonogiri yang layak dikunjungi wisatawan:

1. Watu Cenik Sendang Wonogiri

Objek wisata ini berlokasi di Dusun Prampelan, Desa Sendang, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri. Dari kawasan Watu Cenik ini pengunjung dapat melihat pemandangan WGM Wonogiri secara jelas dari ketinggian bukit.

Pada salah satu area Watu Cenik terdapat permakaman keluarga Raden Ngabehi Poncoprabowo I atau Kyai Soro Sumarto IX yang wafat pada 1795.

Baca Juga: Salat Id di Kampung Halaman, Bupati Wonogiri Tak Mau Diistimewakan

2. Puncak Joglo Wonogiri

Lokasinya di Sendang Pinilih, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Di puncak ini, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan daerah Wonogiri dari ketinggian. Puncak Joglo merupakan sebuah landasan pacu untuk paralayang.

3. Kitagawa Pesona Bali

Lokasinya berada di Jl. Mbelik Gede, Patoman, Desa Kayuloko, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Sesuai namanya, objek wisata ini menyuguhkan pemandangan pegunungan alam terbuka dan hamparan sawah yang terlihat sangat memanjakan mata dalam balutan pesona Pulau Dewata.

4. Soko Langit

Baca Juga: Momentum Lebaran, Jangan Lewatkan Santap Jangan Ndeso Wonogiri

Lokasinya berada di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto. Objek wisata ini menyuguhkan kolam renang yang asyik dengan pemandangan Gunung Lawu yang berada di bagian selatan. Soko Langit juga menyuguhkan panorama alam yang indah dan fasilitas menarik seperti flying fox dan arena outbound.

5. Telaga Claket

Lokasinya berada di Sendangijo, Kecamatan Selogiri. Objek wisata ini berupa danau kecil yang tenang di kaki Bukit Widodaren dengan ponton dan bingkai berbentuk hati.

Di luar lima objek wisata tersebut di atas, masih banyak lagi objek wisata yang layak dikunjungi wisatawan saat liburan Lebaran 2022. Dibukanya keran mudik pemerintah di tengah pandemi Covid-19 di tahun ini dinilai akan berdampak ke kunjungan di objek wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya