Kategori: Boyolali

Ini Wejangan Mantan Bupati Djaka Srijanta untuk Pemkab Boyolali Sebelum Meninggal Dunia


Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi

Solopos.com, BOYOLALI - Mantan Bupati Boyolali periode 2000-2005, Letkol Purn. dr. H. Djaka Srijanta, meninggal dunia. Beberapa bulan lalu, Djaka sempat memberikan wejangan untuk Pemkab Boyolali.

Baru sekitar empat bulan lalu, jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, mengunjungi kediaman Djaka Srijanta, di sekitar Jl. Merbabu, Kecamatan Boyolali. Tepatnya saat perayaan Hari Jadi ke-173 Kabupaten Boyolali.

Cegah Klaster Covid-19 Keluarga, Desa Kadokan Sukoharjo Rutin Penyemprotan Disinfektan Ke Rumah Warga

Sudah menjadi tradisi di lingkungan Pemkab Boyolali, pada hari istimewa itu akan dilakukan kunjungan atau silaturahmi ke kediaman para mantan Bupati dan Wakil Bupati Boyolali. Namun saat itu acara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Boyolali, Wiwis Trisiwi Handayani, yang saat itu juga turut serta mendampingi Wakil Bupati, M. Said Hidayat, menceritakan sedikit kenangan saat bertemu almarhum.

Punya Tugas Ganda, Begini Trik Sukarelawan Klaten Agar Tak Tumpang Tindih Urusi Bencana Alam dan Pandemi

"Kami bertemu langsung dengan beliau. Saat itu kami mengantar Bapak Wakil Bupati, dan hanya beberapa orang saja. Saat itu beliau masih menerima kami dengan kondisi bugar," tutur dia kepada Solopos.com, Kamis. Menurutnya kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan, dalam rangka silaturahmi dengan para sesepuh.

Nasehat

Menurut Wiwis, seperti halnya seorang orang tua kepada anak-anaknya, Djaka juga menyampaikan beberapa hal. "Ya beliau, karena pernah menjabat sebagai Bupati di Boyolali, tentu memberikan wejangan, bagaimana untuk selalu melihat ke bawah untuk menyerap aspirasi masyarakatnya. Ya, memberikan nasehat layaknya seorang sesepuh kepada putra-putranya," lanjut dia.

Gara-Gara Pandemi Covid-19, Pemdes Jogosetran Klaten Batal Dapat Investor Kelas Kakap

Wiwis menyatakan meninggalnya Djaka tentu meninggalkan duka untuk Boyolali. "Mari kita doakan bersama. Kami sangat berduka, ada pimpinan kami yang mendahului," kata dia.

Djaka Srijanta meninggal pada Kamis (17/12/2020) pukul 09.05 WIB di Rumah Sakit Dr. Moewardi, Solo. Djaka dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Boyolali pukul 14.00 WIB. Dia meninggal di usianya yang ke-75.

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Baihaqi