SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum air putih. (Pixabay)

Solopos.com, JAKARTA — Waktu terbaik minum air putih untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh adalah seusai bangun tidur. Kiat itu dikemukakan dokter umum RS Pondok Indah (RSPI)–Pondok Indah, Jakarta, I Made Tirta Saputra, Minggu (27/9/2020).

“Minum air putih 1-2 gelas setiap bangun tidur juga penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika Anda terlelap semalaman. Air putih juga dapat membantu proses metabolisme tubuh," kata dia kepada Kantor Berita Antara di Jakarta, Minggu.

Promosi Presiden Apresiasi BRI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Inklusi Keuangan

Viral Video Kepala Desa Gantar Kesurupan Setelah Lihat Tari Jaipong

Selain itu, minum air putih sebelum tidur malam juga disarankan untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Jumlah yang cukup atau tak berlebihan tidak akan membuat Anda terbangun di malam hari untuk buang air kecil.

Made menuturkan mengonsumsi air putih sebelum dan sesudah berolahraga juga penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika berolahraga. "Selain itu, pada kondisi pandemi seperti saat ini air putih juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh," tutur dia.

Cegah Dehidrasi

Dari sisi jumlah, Made mengutip Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board merekomendasikan jumlah asupan air putih 2,7 liter/hari untuk wanita dan 3,7 liter untuk pria. Namun, perhatikan juga aktivitas yang Anda lakukan dan sesuaikan jumlah asupan air putih agar tak mengalami dehidrasi.

Made tak menyarankan konsumsi air putih berlebihan karena dapat menyebabkan keracunan air yang berakibat hiponatremia atau kekurangan garam dalam tubuh. "Pada efek yang memburuk dapat menyebabkan sakit kepala, kram otot, bahkan dapat menyebabkan kejang, dan berujung pada kematian. Jadi minum air putih secukupnya ya, tidak kurang tidak juga berlebihan," kata dia.

Pajak Mobil Baru 0%, Gaikindo Klaim Pabrikan Siap Pangkas Harga

Kemudian terkait upaya menjaga sistem imun, selain air putih Made menyarankan Anda juga menerapkan pola hidup sehat lain, seperti istirahat yang cukup yakni waktu tidur malam 6-7 jam dalam sehari, menghindari stres atau kelola stres dengan baik.

Selain itu, konsumsilah makanan sehat, terutama perbanyak sayur dan buah yang mengandung vitamin B, vitamin C, zinc, dan vitamin D; rutinlah berolahraga misalnya berjalan cepat selama 30 menit dan hindari merokok serta konsumsi minuman alkohol.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya