SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

<p><strong>Semarangpos.com, BLORA</strong> – Di tengah masa kampanye Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) dalam rangkaian pilkada serentak 2018, Ganjar Pranowo mengunjungi beberapa wilayah di Kabupaten Blora, Jateng, Selasa (24/4/2018). Di sela-sela kunjungannya, cagub nomor urut 1 di Jateng itu tak segan berfoto dengan orang yang memakai atribut kampanye rivalnya di Pilgub Jateng 2018, Sudirman Said-Ida Fauziyah.</p><p>Foto itu pun kemudian ia pamerkan di akun Twitternya, <em>@ganjarpranowo</em>. Dari foto itu, <a href="http://semarang.solopos.com/read/20180414/515/910100/pilkada-2018-ini-riwayat-hidup-dan-sepak-terjang-ganjar-pranowo">Ganjar Pranowo</a> memang tampak berfoto dengan perempuan yang mengenakan kaus bergambar wajah Sudirman Said dan Ida Fauziyah. Sedangkan perempuan lain yang juga ada di foto itu tampak mengacungkan dua jari yang kemudian dianggap sebagai tanda dukungan kepada pasangan cagub-cawagub nomor urut 2, <a href="http://semarang.solopos.com/read/20180414/515/910068/pilkada-2018-begini-riwayat-hidup-dan-sepak-terjang-sudirman-said">Sudirman Said</a>-<a href="http://semarang.solopos.com/read/20180416/515/910581/pilkada-2018-begini-riwayat-hidup-ida-fauziyah">Ida Fauziyah</a>.</p><p>Melalui akun Twitternya itu, <a href="http://semarang.solopos.com/read/20180414/515/910100/pilkada-2018-ini-riwayat-hidup-dan-sepak-terjang-ganjar-pranowo">Ganjar Pranowo</a> menjelaskan tujuannya berfoto dengan orang yang dianggap sebagai pendukung Sudirman Said-Ida Fauziah tersebut adalah untuk menjaga perdamaian di pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018. "Jateng pilkada damai. Begitulah demokrasi. Belajar merasakan perbedaan bersama-sama," ungkap politikus PDI Perjuangan itu.</p><p>Cagub yang didampingi cawagub <a href="http://semarang.solopos.com/read/20180416/515/910562/pilkada-2018-begini-riwayat-hidup-taj-yasin">Taj Yasin</a> di Pilgub Jateng 2018 tersebut menegaskan dirinya memang sengaja berfoto dengan orang yang dianggap sebagai pendukung Sudirman Said-Ida Fauziyah itu. "Kami sengaja foto dengan mereka yang mungkin pilihannya beda. Begitulah cara kami merawat kesejukan Pilkada Jateng," beber <a href="http://semarang.solopos.com/read/20180414/515/910100/pilkada-2018-ini-riwayat-hidup-dan-sepak-terjang-ganjar-pranowo">Ganjar Pranowo</a>.</p><p><a href="http://semarang.solopos.com/read/20180414/515/910100/pilkada-2018-ini-riwayat-hidup-dan-sepak-terjang-ganjar-pranowo">Ganjar Pranowo</a> menegaskan dirinya berusaha menghormati mereka yang kemungkinan tak memilihnya di pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018. "Mereka saya hormati. Meskipun kami bisa merasakan pilihan mereka. <em>He he</em>," pungkas pria berambut putih tersebut.</p>

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ekspedisi Mudik 2024


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Rudal Israel Hantam Isfahan Iran

Rudal Israel Hantam Isfahan Iran
author
Newswire , 
Mariyana Ricky P.D Jumat, 19 April 2024 - 13:12 WIB
share
SOLOPOS.COM - Map kota-kota penting di Iran. (Istimewa/Twitter)

Solopos.com, ISFAHAN — Media Iran melaporkan pada Jumat (19/4/2024) bahwa terdengar ledakan di dekat bandara kota Isfahan di Iran, sebagaimana dikutip dari Sputnik, yang disebutkan merupakan serangan Israel.

Sementara itu, mengutip informasi dari pelacak penerbangan Flightradar24, setidaknya delapan penerbangan dialihkan melalui wilayah udara Iran pada Jumat (19/4/2024) pagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelumnya pada hari yang sama, seorang pejabat AS mengonfirmasi kepada ABC News bahwa rudal-rudal Israel telah menghantam sebuah lokasi di Iran, namun ia tidak dapat memastikan apakah lokasi-lokasi di Suriah dan Irak juga terkena serangan tersebut

Duta Besar Iran untuk Moskow Kazem Jalali menyebut bahwa meningkatnya ketegangan di Timur Tengah saat ini dapat diselesaikan jika Israel menghentikan operasi militer terhadap Palestina.

Koran Solopos

“Alasan utama berlanjutnya krisis di kawasan ini adalah kejahatan rezim Zionis (Israel) terhadap penduduk sipil, terutama terhadap perempuan dan anak-anak di Gaza,” kata Dubes Jalali dalam sebuah resepsi untuk memperingati hari tentara Iran yang dilaporkan Sputnik, Jumat, via Antara.

Kunci untuk menyelesaikan krisis saat ini, lanjutnya, terletak pada mengakhiri genosida terhadap warga Palestina.

Jalil juga mengatakan Teheran menganggap tanggapannya terhadap serangan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus sudah selesai.

Emagazine Solopos

Namun pada saat yang sama siap menanggapi dengan cara yang lebih serius terhadap setiap langkah baru Israel terhadap Iran.

Operasi melawan Israel, kata Jalali, bersifat terbatas dan tidak ditujukan terhadap sasaran sipil.

Pada 1 April, Israel melancarkan serangan udara terhadap gedung konsuler Kedutaan Besar Iran di Damaskus, menghancurkan gedung tersebut. Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran mengatakan tujuh anggotanya tewas dalam serangan itu, termasuk dua komandannya.

Interaktif Solopos

Pada tanggal 2 April, Kementerian Kesehatan Suriah mengatakan bahwa serangan itu juga telah menewaskan empat warga Suriah dan melukai 13 lainnya.

Kemudian pada 13 April, IRGC Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal ke Israel dalam serangan langsung pertamanya di wilayah Israel, menurut data Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Juru bicara IDF Daniel Hagari mengatakan bahwa Israel telah mencegat 99 persen target udara yang ditembakkan Iran, termasuk semua drone. Televisi pemerintah Iran mengatakan semua rudal hipersonik mencapai sasarannya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Waspada Pancaroba, Ini 10 Penyakit Sering Dialami Warga Sragen

Waspada Pancaroba, Ini 10 Penyakit Sering Dialami Warga Sragen
author
Tri Rahayu , 
Kaled Hasby Ashshidiqy Jumat, 19 April 2024 - 13:04 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilek. (Freepik.com)

Solopos.com, SRAGEN — Perubahan cuaca dari musim penghujan ke musim kemarau atau pancaroba sering menimbulkan penyakit, baik skala ringan hingga berat, termasuk bagi warga Sragen. Demikian halnya denga musim mudik Lebaran yang juga sering menimbulkan gejala penyakit tertentu karena menurunnya daya tahan tubuh.

Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sragen mencatat ada tren 10 penyakit yang sering dialami warga Sragen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinkes Sragen, Udayanti Proborini, melalui Kabid Yankes, Nengah Adnyana Oka Manuaba,  mengungkapkan di antara 10 besar penyakit itu antara lain infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), nyeri otot (myalgia), dan radang tenggorokan. Selain itu ada dyspepsia (nyeri lambung), hipertensi, influenza, gastritis (mag), sakit gigi, radang pulpa, dan diare.

Oka mengatakan dari 10 jenis penyakit itu yang selalu berada di tiga besar selama Januari-April itu adalah ISPA, nyeri otot, dan radang tenggorokan. Keluhan ISPA paling tinggi terjadi pada Maret mencapai 4.942 orang. Sedangkan pada April hingga Kamis (18/4/2024) lalu sebanyak 1.932 orang yang mengeluhkan ISPA. Dua bulan sebelumnya (Januari-Februari) kasus ISPA hampir mendekati 4.000 kasus.

Koran Solopos

Tren tertinggi kedua, ujar Oka, sakit nyeri otot atau myalgia dengan angka kasus tertinggi di Januari dengan 3.268 orang, Februari turun menjadi 2.803 orang, tetapi Maret naik lagi menjadi 3.105 orang. Selama April hingga Kamis kemarin, kata dia, sudah 1.179 orang yang terdiagnosis nyeri otot.

“Tren ketiga radang tenggorokan atau accute nasopharyngitis. Kasus terbanyak di Maret dengan 2.377 orang. Di Januari di angka 2.007 kasus dan Februari di 1.923 kasus. Sementara selama April hingga 18 April 2024 tercatat ada 878 orang,” jelasnya kepada Solopos.com, Jumat (19/4/2024).

Oka menyampaikan tujuh penyakit lainnya fluktuatif gejalanya, tetapi angkanya per bulan ada ratusan sampai ribuan kasus. Tren 10 besar penyakit itu relatif stabil pada setiap tahunnya dan juga menjadi tren penyakit secara nasional.

Emagazine Solopos

Peningkatan penyakit biasa terjadi pada bulan-bulan tertentu karena dipengaruhi oleh faktor cuaca, seperti pancaroba atau momentum mudik. Ketika orang mudik maka terjadi perubahan suhu antara di daerah satu ke daerah lainnya. “Seperti kasus demam berdarah dengue itu meningkat biasanya saat pancaroba dari musim penghujan ke musim kemarau,” jelas Oka.

Ada pula tren meningkatnya penyakit radang nasofaring (tenggorokan) yang kemungkinan karena konsumsi makanan dan minuman yang merangsang iritasi lebih banyak. Oka menyarankan warga supaya lebih peduli dengan pola aktivitas, mengasuk makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan menjalankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Kereta Api Joglosemarkerto Jadi Favorit Masyarakat saat Libur Lebaran

Kereta Api Joglosemarkerto Jadi Favorit Masyarakat saat Libur Lebaran
author
Rohmah Ermawati Jumat, 19 April 2024 - 12:55 WIB
share
SOLOPOS.COM - KA Joglosemarkerto (Dokumen Solopos)

Solopos.com, SOLO — Akurasi waktu perjalanan menjadi salah satu faktor yang dibutuhkan masyarakat terutama dalam masa Lebaran 2024. Melihat catatan selama masa angkutan Lebaran tahun ini, keakuratan waktu perjalanan kereta api diklaim sesuai harapan.

Pada masa angkutan Lebaran sejak 31 Maret 2024 hingga 16 April 2024, tingkat on time departure atau ketepatan waktu keberangkatan KA Jarak Jauh Daops 6 Yogyakarta mencapai 99,8%, sedangkan KA Lokal mencapai 98,5%.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manager Humas Daops 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, menguraikan untuk tingkat on time arrival atau ketepatan waktu untuk kedatangan KA Jarak Jauh mencapai 96,3%, sedangkan untuk KA Lokal mencapai 94,8%.

Dia menyebut ketepatan waktu menjadi salah satu nilai tambah yang KAI tawarkan bagi masyarakat. Dalam angkutan Lebaran ini, pihaknya terus berupaya menjaga keamanan, kenyamanan, keselamatan, serta ketepatan waktu.

Koran Solopos

“Ketepatan waktu merupakan salah satu keunggulan dari transportasi kereta api yang bebas macet, sehingga diminati oleh para pemudik,” terang Krisbiyantoro dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Kamis (18/4/2024).

Lebih lanjut, dia menerangkan jumlah penumpang KA jarak jauh pada periode Lebaran di Daop 6 Yogyakarta sebanyak 711.697 penumpang atau rata-rata 41.516 penumpang per hari.

Jumlah tersebut terdiri ayas penumpang yang naik atau berangkat sebanyak 349.248 penumpang dan turun atau datang sebanyak 362.449 penumpang.

Walaupun kereta api memang merupakan moda transportasi yang dapat diandalkan dalam hal ketepatan waktu, namun Krisbiyantoro tetap mengimbau kepada pelanggan agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju stasiun keberangkatan.

“Hal tersebut karena saat naik kendaraan melewati jalur darat, waktu tidak dapat diprediksi sehingga para pelanggan harus berupaya menghindari kemungkinan macet dan hambatan lainnya di jalan,” kata dia.

Krisbiyantoro mencatat KA Joglosemarkerto relasi Solobalapan-Semarang Tawang-Purwokerto-Yogyakarta-Solobalapan menjadi KA favorit pada masa Lebaran kali ini.

Emagazine Solopos

Adapun KA-KA keberangkatan awal Daops 6 Yogyakarta terfavorit untuk periode Angkutan Lebaran sampai dengan 16 April 2024 adalah sebagai berikut:

1. KA Joglosemarkerto (161) relasi Solobalapan-Semarang Tawang-Purwokerto-Yogyakarta-Solobalapan sebanyak 731 penumpang

2. KA Joglosemarkerto (167) relasi Solobalapan-Yogyakarta-Purwokerto-Semarang Tawang-Solobalapan sebanyak 647 penumpang

3. KA Progo (247) relasi Lempuyangan-Pasarsenen sebanyak 583 penumpang

4. KA Sancaka (96) relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng sebanyak 577 penumpang

5. KA Sancaka (100) relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng sebanyak 545 penumpang

6. KA Senja Utama Solo (87) relasi Solobalapan-Pasarsenen sebanyak 487 penumpang

Interaktif Solopos

7. KA Mataram (89) relasi Solobalapan-Pasarsenen sebanyak 451 penumpang

8. KA Sancaka (98) relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng sebanyak 426 penumpang

9. KA Bogowonto (135) relasi Lempuyangan-Pasarsenen sebanyak 420 penumpang

10. KA Argo Dwipangga (9) relasi Solobalapan-Gambir sebanyak 391 penumpang

11. KA Gajahwong (137) relasi Lempuyangan-Pasarsenen sebanyak 383 penumpang

12. KA Senja Utama Yk (139) relasi Yogyakarta-Pasarsenen sebanyak 382 penumpang

13. KA Lodaya (91) relasi Solobalapan-Bandung sebanyak 376 penumpang



14. KA Joglosemarkerto (171) relasi Yogyakarta-Cilacap sebanyak 367 penumpang

15. KA Sancaka (102F) relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng sebanyak 362 penumpang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories