SOLOPOS.COM - Abdi Negara Nurdin aluas Abdee Slank. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA -- Penunjukkan personel grup band Slank, Abdi Negara Nurdi alias Abdee Slank, sebagai anggota Dewan Komisaris PT Telkom mengejutkan sebagian pihak. Menteri BUMN, Erick Thohir menunjuk Abdee Slank dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST), Jumat (28/5/2021).

Lantas apa saja tugas Abdee 'Slank' selama menjabat komisaris?

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Berdasarkan UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT), diatur mengenai beberapa tugas seorang komisaris pada perusahaan. Mengutip beleid tersebut, Sabtu (29/5/2021), mengenai tugas seorang komisaris diatur pada Pasal 108 .

Beberapa tugas dewan komisaris di ataranya melakukan pengawasan atas kebijakan pengurusan, jalannya pengurusan pada umumnya, baik mengenai Perseroan maupun usaha Perseroan, dan memberi nasihat kepada direksi.

Baca Juga: Telkom Gelar RUPS, Abdee Slank Jadi Komisaris

"Pengawasan dan pemberian nasihat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan untuk kepentingan Perseroan dan sesuai dengan maksud dan tujuan Perseroan," bunyi ayat (2) pasal 108.

Dewan komisaris terdiri atas satu orang anggota atau lebih. Dewan komisaris yang terdiri atas lebih dari satu orang anggota merupakan majelis dan setiap anggota dewan komisaris tidak dapat bertindak sendiri-sendiri, melainkan berdasarkan keputusan dewan komisaris.

Selain itu, menurut Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, Abdee 'Slank' juga mendapat tugas khusus. Apa itu?

"Sementara Abdi Slank atau Abdi Negara, Pak Erick ini dorong Telkom banyak masuk ke konten. Kita tahu Telkom itu masih belum kuat kontennya dan ini perlu diperkuat ke depannya. Nantinya Abdi ini akan bantu supaya Telkom ini kuat di konten yang dijual ke publik," kata Arya Sinulingga, Jumat.

Baca Juga: Pendukung Jokowi Diangkat Jadi Komisaris BUMN, dari Fadjroel Rachman hingga Abdee Slank

Jualan Konten

Menurut Arya, Abdee Slank akan membantu Telkom lebih kuat di konten yang bisa menjual ke publik. "Apalagi Abdee ini kan seniman, dan kuat untuk konten seperti itu," jelas Arya.

Selain Abdee Slank wajah baru di jajaran komisaris Telkom adalah Bambang Brodjonegoro. Mantan Menteri Riset dan Teknologi ini diangkat sebagai Komisaris Utama (Komut) Telkom.

Menurut Arya. jabatan Menristek yang pernah disandang Bambang Brodjonegoro menjadi salah satu alasan dia diangkat menjadi Komut. Selain itu, pengalaman Bambang sebagai Menristek diharapkan mendorong pengembangan teknologi Telkom.

"Kita membutuhkan orang seperti beliau yang punya visi jauh ke depan seperti industri 4.0 dan penerapan di masyarakat untuk pengembangan Telkom," tutur Arya.

Baca Juga: Abdee Slank Mendukung Jokowi sejak 2014, 2021 Jadi Komisaris PT Telkom

Berikut jajaran pejabat Telkom:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Bambang Brodjonegoro
Komisaris Independen: Wawan Irawan
Komisaris Independen: Bono Daru Adji
Komisaris Independen: Abdi Negara Nurdin
Komisaris: Marcelino Pandin
Komisaris: Ismail
Komisaris: Rizal Mallarengeng
Komisaris: Isa Rachmatarwata
Komisaris: Arya Sinulingga

Dewan Direksi

Direktur Utama: Ririek Adriansyah
Direktur Strategic Portfolio: Budi Setyawan Wijaya
Direktur Enterprise & Business Service: Edi Witjara
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Heri Supriadi
Direktur Network & IT Solution: Herlan Wijanarko
Direktur Wholesale & International Service: Bogi Witjaksono
Direktur Digital Business: Muhamad Fajrin Rasyid
Direktur Human Capital Management: Afriwandi
Direktur Consumer Service: FM Venusiana R

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya