SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Momentum Iduladha memberikan keberkahan bagi banyak orang, baik mereka yang berkurban maupun pihak yang mendapatkan jatah daging kurban. Tapi awas, jangan berlebihan mengonsumsi daging kurban karena bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah Anda.

Pola perubahan gaya hidup dapat menjadi pilihan yang lebih sehat bagi Anda selain penggunaan obat-obatan penurun kolesterol.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir laman Mayo Clinic, baru-baru ini, hal pertama untuk mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh Anda yaitu dengan mengurangi asupan lemak jenuh yang biasanya terdapat di dalam daging merah dan produk susu penuh lemak setelah cukup mengonsumsi daging kurban.

Langkah berikutnya yakni hilangkan lemak trans dari daftar menu makanan Anda. Lemak trans, kadang-kadang tercantum pada label makanan sebagai minyak sayur terhidrogenasi parsial.

Biasanya zat itu sering terdapat dalam margarin, biskuit, kerupuk, dan kue. Makanan mengandung lemak trans meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

Selain itu, Anda perlu perbanyak konsumsi makanan mengandung asam lemak omega-3. Ada beberapa pilihan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 antara lain salmon, mackerel, dan walnut.

Kemudian tingkatkan asupan serat larut untuk mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda. Serat larut biasanya terdapat dalam makanan seperti oatmeal, kacang merah, apel, dan pir.

Saran berikutnya, Anda harus memperbanyak berolahraga setelah Iduladha. Aktivitas fisik moderat dapat membantu meningkatkan kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL).

Jangan lupa lakukan latihan fisik setidaknya 30 menit selama lima kali dalam sepekan. Pilihan lainnya, Anda dapat beraktivitas aerobik selama 20 menit tiga kali dalam sepekan.

Penambahan olahraga dengan interval pendek beberapa kali sehari dapat membantu Anda mulai menurunkan berat badan. Beberapa latihan yang bisa menjadi pilihan Anda antara lain, berjalan cepat, bersepeda, atau bermain olahraga favorit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya