Layanan servis AC di CV Utama Teknik. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO – Musim kemarau yang masih berlangsung membuat suhu udara di Solo dan sekitarnya terasa begitu panas. Beberapa pengguna Whatsapp pun memasang aplikasi pemantau suhu real di Kota Bengawan lengkap dengan angka derajat Celcius.

Upaya mengusir rasa gerah pun dilakukan, seperti menggunakan kipas angin. Namun, tetap saja upaya itu tak membuahkan hasil maksimal. Bagi mereka yang memiliki dana lebih dan daya listrik di rumah mendukung, air conditioner (AC) mejadi pilihan sebagai penyejuk ruangan.

Penggunaan AC untuk menyejukkan ruangan harus memperhatikan beberapa hal. Menurut Direktur Utama CV Utama Teknik, Ruko Avisiena Jl. Mangesti Raya No. 414B, Gentan, Purbayan, Baki, Sukoharjo, Dwiyanto, daya listrik menjadi hal yang wajib diperhatikan saat memasang AC.

“Pastikan daya listrik di rumah memenuhi, sehingga kebutuhan daya listrik AC tidak membebani kebutuhan listrik perangkat elektronik lainnya. Tentukan ruangan yang akan dipasangi AC dan berapa luasannya, agar AC yang dipilih sesuai,” terang Dwiyanto ketika bertemu Solopos.com, di kantornya.

Ruangan yang biasanya dipasangi AC, adalah ruang keluarga dan kamar tidur. Sedang ruang tamu ada juga yang memasang AC namun ada juga yang tidak. Agar ruangan sejuk, sebaiknya perhatikan luasnya untuk menentukan kemampuan AC mendinginkan ruangan (PK) di rumah Anda.

“Di rumah atau tempat tinggal bisa dipasang AC 1/2 PK untuk ruangan 10 meter persegi, 3/4 PK untuk ruangan 14 meter persegi, 1 PK untuk ruangan 18 meter persegi, 1,5 PK untuk ruangan 24 meter persegi, dan 2 PK untuk ruangan 36 meter persegi,” jelasnya.

Di pasaran lanjutnya, ada pilihan AC low watt dan AC inverter. Perbedaannya AC low watt pemakaian daya listrik setengah dari AC standar. Misal, AC 1/2 PK angkatan awal 400 watt tapi AC low watt hanya 250 watt-300 watt.

“AC inverter hanya angkatan pertama [saat dinyalakan] butuh daya listrik tinggi setelah itu standar,” ujarnya.

Agar kesejukan ruangan didapatkan, Dwiyanto menyarankan membeli AC yang baru jangan AC yang lama. Karena pembeli tidak tahu kondisi sebenarnya dari AC tersebut. Bisa jadi AC tersebut sudah beberapa kali mengalami masalah sehingga dijual murah.

“Selain itu, saat menyalakan AC jangan menyetel pada suhu di bawah angka 20 langsung. Karena AC butuh waktu untuk memanaskan perangkatnya, setel suhu sebaiknya setelah 15 menit kemudian,” jelasnya.

Matikan AC setelah tidak digunakan. Apabila hendak menyalakan lagi, tunggu 10 menit kemudian. Jaga kebersihan ruangan. Pastikan ruangan bebas dari asap rokok karena nikotin yang menempel di AC susah hilang. Lakukan servis berkala agar kinerja AC tetap maksimal

Jika Anda memiliki kebutuhan membeli AC atau servis AC, Utama Teknik yang berada di bawah naungan Janjaya Group yang dipimpin oleh pengusaha Candra Wibowo siap memberikan pelayanan berkualitas namun dengan tarif yang hemat.

Utama Teknik memberikan layanan perawatan dengan tarif yang hemat. Tidak hanya kalangan rumah tangga, Utama Teknik juga menerima order servis dari perusahaan. Utama Teknik bisa Anda jumpai di akun Instagram @servisacdisolo085713738808.

Tidak perlu khawatir dengan layanan yang diberikan. Teknisi CV Utama Teknik merupakan tenaga yang handal dan profesional. Dengan tagline Pusat penjualan dan ahlinya AC, bisnis setempat merupakan perusahaan yang terpercaya dan legal. Mereka bahkan memberikan garansi kepada pelanggan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten