SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Mencari tiket untuk pulang ke kampung halaman merupakan ritual wajib umat Islam menghadapi Lebaran. Selain kendaraan pribadi, mereka juga menggunakan berbagai alat transportasi–salah satunya kereta api.

Masyarakat yang ingin membeli tiket kereta api kerap kehabisan karena kesamaan tanggal keberangkatan yang diinginkan oleh pembeli tiket lainnya. Menghadapi banyak masyarakat yang ingin membeli tiket kereta api, PT KAI kerap mengoperasikan tiket KA tambahan. Tiket KA tambahan untuk masa angkutan lebaran 2019 dapat mulai dibeli pada 6 April 2019.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Agar tidak kehabisan, berikut beberapa tips dari PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional IV Semarang yang bisa digunakan saat berburu tiket untuk mudik dan balik Lebaran 2019. Pertama, usahakan koneksi Internet yang dimiliki oleh calon konsumen stabil selama proses pencarian tiket.

Ekspedisi Mudik 2024

Kedua, masyarakat sebaiknya mencari rute dan tanggal alternatif. Jika tiket KA tambahan yang diinginkan telah habis terjual, maka masyarakat bisa mencari rute alternatif. Contohnya, masyarakat bisa memesan tiket KA jalur Jakarta–Tegal terlebih dahulu apabila kehabisan tiket rute Jakarta-Semarang.

Dari Tegal, masyarakat bisa meneruskan perjalanan menuju Semarang yang relatif masih banyak tiket yang tersedia. Tidak hanya jalur Jakarta-Tegal, masyarakat yang ingin menuju semarang juga bisa menggunakan kereta persambungan Jakarta-Cirebon, kemudian Cirebon-Semarang. Dalam menggunakan jalur alternatif ini, pastikan waktu antara kereta tidak terlalu dekat agar tidak tertinggal jadwal kereta lanjutan. Selain itu, sesuaikan tanggal bepergian untuk menghindari keberangkatan pada tanggal-tanggal favorit.

Ketiga, masyarakat perlu memeriksa ketersediaan tiket secara berkala dalam berburu tiket kereta api untuk mudi dan balik Lebaran. KAI menyediakan layanan pembatalan dan pengubahan jadwal baik di stasiun maupun aplikasi KAI Access. Oleh karena itu, tiket yang dibatalkan atau diubah jadwalnya akan muncul lagi ke sistem untuk dijual kepada masyarakat melalui seluruh channel penjualan KAI.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya