Ini Tiga Opsi Formasi Persis Solo untuk Liga 2 2020
Pelatih Persis Solo, Salahudin, memberikan instruksi pada pemain dalam latihan di Lapangan Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Selasa (10/3/2020) pagi. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Pelatih Persis Solo, Salahudin, mengungkan formasi yang menjadi andalannya adalah 4-4-3. Namun, formasi itu bisa saja berubah tergantung kondisi tim baik sebelum maupun saat bertanding.

Cedera pemain bisa menjadi salah satu faktor yang mengubah formasi Persis Solo. Selain itu, kondisi saat bertanding yakni baik saat unggul maupun tertinggal. ketika tertinggal, Persis akan menambah striker dan mengubah pola menjad 4-4-2 atau 3-5-2.

Bocah 3 Tahun Diisolasi di RSUP Sardjito Jogja Sepulang dari Depok, Kena Corona?

“Dengan menambah striker, harapannya peluang menang lebih besar,” ujar Salahudin saat ditemui wartawan seusai memimpin latihan di Lapangan Donohudan, Ngemplak, Selasa (10/3/2020).

Selain menambah ketajaman, opsi 4-4-2 atau 3-5-2 bisa diadopsi ketika Persis ingin menekankan keseimbangan permainan. Keseimbangan diperlukan apabila Persis tampil tandang dengan lawan yang memeragakan permainan ofensif.

Salahudin mengatakan formasi 4-4-2 bisa berubah menjadi 4-4-1-1 ketika tim harus mengamankan poin di kandang lawan. “Striker harus siap turun untuk membantu lini tengah,” ujar Salahudin.

Amien Rais Lengser, Ketua Dewan Kehormatan PAN Dijabat Soetrisno Bachir

Di sisi lain, Persis Solo dipastikan tak bisa diperkuat dua pemainnya Nanang Asripin dan Yan Pieter Nasadit pada laga perdana Liga 2 2020 melawan PSCS Cilacap di Stadion Manahan, Minggu (15/3/2020).

Nanang masih berkutat dengan cedera ligamen yang dia alami sejak 20 Februari 2020. Sementara Yan Pieter mengalami cedera pangkal paha sejak akhir Februari 2020. Keduanya masih menjalani pemulihan.

Nanang diperkirakan butuh waktu minimal sepekan lagi untuk pemulihan cedera total. Sedangkan Yan Pieter Nasadit mengalami perkembangan cukup pesat dalam pemulihan cedera. Namun gelandang asal Papua itu diprediksi belum pulih 100% jelang lawan PSCS.

Meninggal Dalam Kecelakaan Speedboat Paspampres, Dandim Kuala Kapuas Kalteng Dimakamkan di Klaten

Berikut varian formasi Persis Solo untuk kompetisi Liga 2 2020:

4-3-3
Sendri Johansyah
Andre Putra, Bruno Casimir, Alaik Sobrina/Joko Susilo, Dedi Tri Maulana
Syahroni, Oky Derry, M. Shulton/Iman Budi
Gufroni Al Maruf, M. Isa/Rishadi Fauzi, Hapidin/Nanang Asripin

4-4-2
Sendri Johansyah
Andre Putra, Bruno Casimir, Alaik Sobrina/Joko Susilo, Dedi Tri Maulana
Gufroni Al Maruf/Engelberd Sani, Syahroni, Iman Budi, Hapidin
M. Isa/Tri Handoko, Rishadi Fauzi/Sansan Fauzi

3-5-2
Sendri Johansyah
Joko Susilo, Bruno Casimir, Alaik Sobrina
Andre Putra/Marko Kabiay, Syahroni, Iman Budi/Yan Pieter, M. Shulton, Hapidin/Dedi Tri
M. Isa/Tri Handoko, Rishadi Fauzi/Sansan Fauzi


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho